Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENCAIRAN DANA DESA TERKENDALA POLITIK DESA

dana-desa-terkendalapolitikterkendala

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa (DD) tahap pertama di Kabupaten Pati rampung. Saat ini, pemkab baru melaksanakan pengusulan DD tahap kedua ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hingga pencairan DD pada tahun ketiga sejak 2015 lalu, masih ada kendala di lapangan salah satunya kondisi politik di desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muhtar melalui Kabid Pengembangan Desa Sunaryo mengaku pencairan dana desa semakin lancar.

Pada 2017, ada 401 desa dikucur Rp 317 miliar dana desa. Masing-masing desa sudah banyak yang bisa menyusun laporan. Hanya saja, kendala seperti politis di desa menjadi hambatan pencairan.

"Terutama kendala di desa yang kadesnya akan mencalonkan diri kembali pada tahun berikutnya. Beberapa pihak terkait yang tidak suka dengan kades itu mempersulit penandatanganan laporan pertanggungjawaban, sehingga pencairannya lama," katanya kemarin.

Namun kendala tersebut dapat diatasi dinas. Yakni dengan cara membina desa yang mengalami hambatan tersebut, sehingga permasalahan di dalam desa selesai dan tidak menghambat pencairan. Sebab, jika ada hambatan seperti itu akan mempersulit pengembangan desa.

"Sebagian kecil kendala tersebut alhamdulillah dapat ditangani setelah kami mengajak duduk bersama dan melakukan evaluasi pebinaan di desa itu. Hal ini wajar sebagai tahap pembelajaran karena program dana desa ini baru memasuki tahap ketiga. Jadi masih ada evaluasi di lapangan," katanya.

Sementara ini, pencairan tahap pertama 60 persen sudah rampung dan tinggal menunggu proses pencairan tahap kedua.

Kini, Dispermades tengah mengusulkan pencairan di Kementerian Keuangan sejak 24 Juli lalu. Harapannya, pada Agustus ini sudah ada pencairan dari kementerian ke kabupaten. Supaya desa segera mencairkan tahap kedua 40 persen.

"Pihak masing-masing desa harapan kami juga secepatnya menyusun laporan untuk pencairan tahap kedua. Karena pada tahap kedua nanti kami memberikan waktu pencairan Agustus hingga November. Sedangkan Desember, sudah mulai pelaporan," ucapnya.

Sumber: Jawapos dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDAGRI TARGETKAN PEKAN INOVASI WUJUDKAN DESA YANG MAJU MANDIRI DAN SEJAHTERA

KEMENDAGRI TARGETKAN PEKAN INOVASI WUJUDKAN DESA YANG MAJU MANDIRI DAN SEJAHTERA

SAPA INDONESIA - DIREKTUR Evaluasi Perkembangan Desa, Eko Prasetyanto...
KEMENDES PDTT BAHAS PENINGKATAN MANAJEMEN KONFLIK

KEMENDES PDTT BAHAS PENINGKATAN MANAJEMEN KONFLIK

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
SRI MULYANI BEBERKAN USULAN DANA KELURAHAN RP 3 T DI 2019

SRI MULYANI BEBERKAN USULAN DANA KELURAHAN RP 3 T DI 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH mengusulkan anggaran kelurahan...
MARKUP DANA DESA, KEPALA DESA DI MAGETAN TERANCAM 20 TAHUN PENJARA

MARKUP DANA DESA, KEPALA DESA DI MAGETAN TERANCAM 20 TAHUN PENJARA

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri ( Kejari) Kabupaten Magetan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook