Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

dana-desa-19dieperiksa6koma4milir

SAPA INDONESIA - DANA Desa yang diterima desa di lokasi Kota Batu diduga bermasalah. Anggaran senilai Rp 6, 4 miliar di tahun 2016, tengah dalam penyelidikan Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Ada sekitar 19 desa menerima DD tahun 2016, beberapa Kepala Desa (Kades) sudah dimintai keterangan oleh kejaksaan untuk mengungkap dugaan penyalahgunaan DD.

"Masih diselidiki, apa ada penyalahgunaan. Semua berangkat dari laporan masyarakat," ujar Kepala Kejaksaan Kota Batu Nur Chusniah, Jumat (18/8/2017).

Chusniah sendiri belum terima laporan perihal hasil penanganan terbaru. Dirinya mempersilahkan untuk menanyakan pada Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Kota Batu. " Langsung Pidsus, untuk detilnya, " tuturnya.

Kasipidsus Kejari Kota Batu Andi Ermawan mengakui tengah intensif lakukan penyelidikan dugaan penyalahgunaan dana desa. " Kita masih cek dan melakukan perhitungan volume atas pekerjaan fisik, apakah telah sesuai RAB (Rencana Anggaran Belanja) atau tidak, " katanya terpisah.

Pihaknya meminta waktu untuk menyelidiki dugaan penyalahgunaan dana desa di lokasi Kota Batu. " Mohon waktu, setelah ada hasil penanganan tentu kita sampaikan. Kita gunakan skala prioritas desa mana dulu yang diduga sarat penyalahgunaan, " jelasnya.

Plt Sekretaris Daerah Kota Batu Suparto membetulkan, ada penanganan hukum masalah dugaan penyalahgunaan dana desa tahun 2016. Pihaknya telah menanggapi supaya kades atau desa penerima dana desa, memprioritaskan transparansi serta koordinasi dengan Pemkot dan penegak hukum.

"Makanya dulu Pak Wali (Eddy Rumpoko) memilih untuk menolak dana desa, karena itu, butuh kesiapan dari pemerintah desa, supaya tidak terjadi masalah dalam penggunaannya," ujar Suparto terpisah.

Suparto menyebutkan usaha meningkatkan manajemen pemanfaatkan dana desa sudah dijalankan Pemkot Batu melibatkan aparat penegak hukum.

"Terus dilakukan pemahaman baik secara teknis maupun manajerialnya. Kades harus mengacu kepada APBD Desa dan membuat laporan sesuai kegiatan yang dijalankan," ungkapnya.

Tahun 2016, Kota Batu memperoleh biaya dana desa sebesar Rp 6, 4 miliar dan tahun ini (2017) sebesar Rp 18, 8 miliar untuk 19 desa yang ada.

Sumber: Breakingnews dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

SAPA INDONESIA - PROGRAM Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi...
CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN wilayah pedesaan dalam program...
RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

SAPA INDONESIA - RATUSAN desa di Pamekasan belum memiliki badan...
DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook