Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEJATI INSTRUKSIKAN KEJARI SE JATIM KAWAL PENGGUNAAN DANA DESA

dana-desa-kejatijatimkawal

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Tinggi Jawa Timur menginstruksikan ke seluruh kejaksaan negeri se Jatim, untuk melakukan pemantauan, pengamanan dan pengawalan penggunaan dana desa hingga di tingkat desa-desa.

"Sesuai instruksi pimpinan, agar semua kejari melakukan pengawalan, pengamanan dan pemantauan terhadap penggunaan dana desa," kata Asisten Intelijen Kejati Jatim Edy Birton di kantor kejati, Jalan A Yani, Rabu (23/8/2017).

Edy menerangkan, seluruh kejari diinstruksikan mengundang seluruh kepala desa di wilayahnya masing-masing. Kepala desa tersebut akan disosialisasikan tentang tata cara pengelolaan penggunaan anggaran dana desa dari pemerintah pusat.

Jumlah kepala desa di Jawa Timur mencapai 7.722 kades. Mereka tersebar di seluruh 38 kabupaten dan kota di Jatim.

"Secara serentak kejari-kejari akan mensosialisasikan tentang penggunaan dan pengolahan dana desa yang baik. Bagaimana penggunaan dana desa ini akan tidak menimbulkan persoalan hukum di kemudian hari. Dan pada implementasinya, seluruh kejari akan mengawalnya," tuturnya.

Edy yang juga Ketua Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Jawa Timur ini menambahkan, kepala desa yang ragu dalam menggunakan anggaran desa tersebut, dapat berkonsultasi dengan petugas di kejari.

"Kita ingin menghilangkan ketakutan dan keraguan aparatur desa dalam menggunakan dana desa. Kepala desa bisa berkonsultasi ke petugas di kejari-kejari, untuk menanyakan tentang pengelolaan keuangan anggaran dana desa ," katanya.

Ia menambahkan, petugas kejari akan memberikan arahan bagaimana penggunaan anggaran tersebut tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku, dan dana desa tersebut dapat bermanfaat untuk pembangunan desa hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kita ingin memperbaiki birokarasi di tingkat pemerintahan desa. Jangan sampai kepala desa atau masyarakatnya berurusan dengan hukum karena ketidaktahuannya.

Dengan pengelolaan dana desa yang baik, diharapkan dapat membangun desa tersebut dan meningkatkan kesejahteraan, perekonomian masyarakat desa," tandasnya.

Sumber: detik dot com
                  

Terpopuler

Terbaru

PEJABATNYA TEPUK TANGAN SAAT ANGKA KEMISKINAN TINGGI, BUPATI PANGKEP MARAH BESAR

PEJABATNYA TEPUK TANGAN SAAT ANGKA KEMISKINAN TINGGI, BUPATI PANGKEP MARAH BESAR

SAPA INDONESIA - BUPATI Pangkep, Syamsuddin Hamid, Senin (20/11/2017)...
GANJAR ENTASKAN KEMISKINAN LEWAT PERMODALAN MUDAH USAHA MIKRO

GANJAR ENTASKAN KEMISKINAN LEWAT PERMODALAN MUDAH USAHA MIKRO

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi Jateng telah membuat skema...
NTB PRIORITAS PENANGANAN KEMISKINAN DAN RTLH

NTB PRIORITAS PENANGANAN KEMISKINAN DAN RTLH

SAPA INDONESIA - KEPALA Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset...
SATGAS DAPAT 10 RIBU LAPORAN PENYALAHGUNAAN DANA DESA

SATGAS DAPAT 10 RIBU LAPORAN PENYALAHGUNAAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SATGAS Dana Desa melakukan diskusi dengan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook