Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BELUM ADA KADES KORUPSI DANA DESA

dana-desa-nttbelmadakorupsi

SAPA INDONESIA - KEPALA Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nusa Tenggara Timur Florianus Mekeng mengatakan, belum ada kepala desa daerah ini yang tersandung kasus korupsi karena salah dalam mengelola Dana Desa.

"Belum ada kepala desa yang divonis pengadilan di NTT karena terlibat dalam penyalahgunaan Dana Desa. BPMD NTT tidak pernah menerima laporan tentang kepala desa yang tersandung korupsi Dana Desa," kata Florianus Mekeng di Kupang, Kamis.

Ia mengaku hanya membaca berita melalui media masa tentang kepala desa yang dilaporkan ke lembaga penegak hukum karena diduga tersandung korupsi Dana Desa.

"Untuk saat ini belum ada kades di NTT yang tersangkut dengan penggunaan dan pengelolaan Dana Desa. Bahkan kami belum pernah dengar ada kepala desa di NTT yang divonis pengadilan karena korupsi Dana Desa," kata Mekeng.

Menurut dia, proses pendampingan yang rutin dilakukan pendamping lokal desa, pendampingan kecamatan dan tenaga ahli menjadi kunci sukses keberhasilan pengelolaan Dana Desa di NTT yang bebas dari korupsi.

"Dalam pengelolaan dana desa di NTT, para pendamping desa secara rutin melakukan pendampingan ketika desa melakukan penyusunan APBDes sehingga pengelolaan Dana Desa selama ini dilaksanakan berdasarkan program yang ditetapkan dalam APBdes," tegasnya.

Mekeng menambahkan, dalam pengelolaan Dana Desa di provinsi berbasis kepulauan ini selalu mengacu pada ketentuan berlaku sehingga perangkat desa yang mengelola Dana Desa tidak melakukan korupsi .

"Secara rutin pemerintah selalu mengingatkan kepala desa di NTT untuk berhati-hati dalam pengelolaan Dana Desa sehingga tidak tersandung dalam persoalan hukum," tegas Mekeng.

Ia menambahkan dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat yang begitu besar harus dapat dikelola secara baik oleh kepala desa untuk pembangunan desa bagi kepentingan masyarakat desa di daerah itu.

Sumber: Antaranews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook