Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

AKUNTAN BISA BANTU KELOLA DANA DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) menilai, profesi akuntan masih memiliki prospek di masa depan. Sebab, jumlah akuntan semakin meningkat.

Hanya saja, Kepala Bidang Perizinan dan Kepatuhan Penilaian Aktuaris dan Profesi Keuangan lainnya Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Setjen Kemenkeu Asih Ariyanto menyatakan, jumlah staf akutansi justru menurun. Hal itu karena perkembangan teknologi atau digital yang semakin pesat.

"Jadi Semua program laporan keuangan sudah computerized. Hard copy dimasukkan mesin, lalu scan, sudah bisa jadi laporan, bahkan memangkas waktu kerja hingga tujuh hari," jelas Asih di depan mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu, (21/3).

Meski begitu, ia menegaskan, tidak perlu ragu menekuni dunia akuntan. Sebab, masih banyak bidang yang memerlukan akuntan. Di antaranya untuk mengelola dana desa. Selama ini para pengurus desa tidak menguasai akutansi sehingga ada kesulitan dalam mengelola dana desa.

"Bisa dilihat bagaimana awareness teman-teman di desa dalam mengelola dana desa. Orang yang tahu akutansi pun bisa bimbing mereka. Jadi ada ruang cukup luas untuk berkarya di akutansi," kata Asih.

Dana Desa merupakan program pemerintah yang dulunya disebut PNPM. Setiap tahun, jumlah dana desa yang disalurkan meningkat, tahun ini saja mencapai Rp 140 triliun. Sementara tahun lalu sebesar Rp 60 triliun.

Dana tersebut dibagi ke lebih dari 74 ribu desa di Indonesia. Dengan begitu setiap desa mendapat dana sekitar Rp 1,15 miliar. Ditargetkan pada 2020, bisa menembus Rp 1,5 miliar per desa.

Sumber: Republika dot co dot id
Di dukung oleh KKIPK (www.kkipk.org)

Terpopuler

Terbaru

KEMDES GANDENG LSM DAN KORPORASI ATASI STUNTING DI DAERAH TERTINGGAL

KEMDES GANDENG LSM DAN KORPORASI ATASI STUNTING DI DAERAH TERTINGGAL

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MEMBERI BANTUAN BUKAN LANGKAH TEPAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

MEMBERI BANTUAN BUKAN LANGKAH TEPAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - UPAYA pemberdayaan, atau dengan memberi pekerjaan...
LAMONGAN: MENGGALI SEMUA POTENSI EKONOMI DESA

LAMONGAN: MENGGALI SEMUA POTENSI EKONOMI DESA

SAPA INDONESIA - ADA replika buah semangka di gerbang masuk...
PEKALONGAN: PENURUNAN KEMISKINAN BELUM OPTIMAL

PEKALONGAN: PENURUNAN KEMISKINAN BELUM OPTIMAL

SAPA INDONESIA - DPRD Kabupaten Pekalongan menilai kinerja...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook