Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

SAPA INDONESIA - KONSULTAN Nasional P3MD Kementerian Desa (Kemendes) Jakarta, Arwani melakukan kunjungan kerja ke Kota Sabang, Sabtu (19/5). Kedatangan tim dari pusat ke Pulau Weh tersebut dalam rangka tugas monitoring dan evaluasi (monev) pencairan dana desa di Sabang yang hingga saat ini belum rampung.

Arwani mengatakan, proses pencairan dana desa dari RKUD ke RKDesa harus dikebut karena waktu sudah mendesak. "Alhamdulillah, setelah kami koordinasi dengan dinas terkait, insya Allah dana desa untuk Kota Sabang ini akan cair Senin ini," ujar Arwani dalam rilisnya, Sabtu (19/5) malam.

Dia memaparkan, dana desa tahap 1 yang cair Senin kemarin dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKDesa) diperuntukkan untuk dua kecamatan, yakni Kecamatan Sukajaya dan Sukakarya.

Hal tersebut, terangnya, disampaikan langsung Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Gampong dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kadinsos PMG dan PP&A) Kota Sabang, Iskandar Muda di kantornya, Sabtu kemarin.

Iskandar Muda di hadapan Koordinator Program Pendampingan Regional 1, Arwani, didampingi Tenaga Ahli Penanganan dan Pengaduan Masalah Koordinator Program Provinsi Aceh, Masri, Pendamping Desa Pemberdayaan Masyarakat, Suryadi dan Boihaki, serta Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kota Sabang, Karim memaparkan, proses verifikasi APBDes dari 18 desa di Pulau Weh telah selesai dilakukan untuk 11 desa.

Bahkan, APBDes itu juga telah diajukan ke Dinas Keuangan Kota Sabang untuk dilakukan proses pencairan dari RKUD ke RKDesa. "Insya Allah, Senin ini ke-11 desa tersebut diharapkan sudah cair. Sedangkan 7 desa lainnya masih akan menyusul karena dalam proses," papar Iskandar.

Adapun nama-nama desa yang sudah dalam proses pencairan yaitu, Desa Le Meulee, Ujong Kareung, Anoi Itam, Cot Ba'u, Cot Abeuk, Balohan, dan Beurawang dalam lingkup Kecamatan Sukajaya. Sedangkan dari Kecamatan Sukakarya meliputi Desa Kuta Ateuh, Kuta Timu, dan Paya

"Sementarakan 7 desa yang masih dalam proses verifikasi APBDes, dari Kecamatan Sukajaya meliputi Desa Jaboi, Keuneukai, dan Paya. Serta dari Kecamatan Sukakarya yaitu, Desa Iboih, Aneuk Laot, Krueng Raya, Batee Shok, dan Kuta Barat," sebut Iskandar.

Di sisi lain, Kepala Desa Iboih, T Iskandar berharap, agar dana desa segera dapat dicairkan dari RKUD ke RKDesa. "Desa kami merupakan desa wisata.

Jadi, dana desa sangat bermanfaat bagi pengembangan wisata desa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Sumber: Serambinews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEIN: KUALITAS PENGENTASAN KEMISKINAN MEMBAIK

KEIN: KUALITAS PENGENTASAN KEMISKINAN MEMBAIK

SAPA INDONESIA - WAKIL Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional...
EFEKTIVITAS DANA DESA 2018 AKAN DIKAJI

EFEKTIVITAS DANA DESA 2018 AKAN DIKAJI

SAPA INDONESIA - EFEKTIVITAS penyaluran Dana Desa pada 2018...
DANA DESA DALAM PADAT KARYA TUNAI

DANA DESA DALAM PADAT KARYA TUNAI

SAPA INDONESIA - UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa lahir karena...
PEMERINTAH UBAH PENYALURAN PKH DEMI KEJAR TARGET KEMISKINAN

PEMERINTAH UBAH PENYALURAN PKH DEMI KEJAR TARGET KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN SOSIAL akan merubah skema penyaluran...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook