Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SUKOHARJO: 17 KELURAHAN SEGERA TERIMA DANA KELURAHAN

SAPA INDONESIA - PEMKAB Sukoharjo memastikan sebanyak 17 kelurahan akan mendapatkan dana kelurahan tahun 2019 mendatang. Kepastian diketahui setelah ada kejelasan dari pemerintah pusat. Satu kelurahan nanti diperkirakan akan mendapatkan dana kelurahan cukup besar sampai ratusan juta rupiah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Senin (12/11/2018) mengatakan, anggaran untuk dana kelurahan sudah tersedia dan segera ditransfer dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan senilai Rp 6,292 miliar tahun depan. Dana tersebut nantinya akan dibagi untuk 17 kelurahan sehingga masing masing kelurahan akan menerima Rp 370,1 juta.

Kejelasan nominal dana kelurahan yang akan diberikan oleh pemerintah diharapkan bisa dimaksimalkan untuk pengembangan wilayah. Dana kelurahan juga diharapkan bisa membuat kelurahan lega karena mendapatkan bantuan sesuai yang diharapkan.

Dana kelurahan sengaja diberikan pemerintah sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan. Dasar aturan tersebut sudah disosialisasikan oleh pemerintah pada masing masing kelurahan.

Di Sukoharjo sendiri ada 17 kelurahan tersebar di tiga kecamatan yakni di Kecamatan Kartasura ada dua kelurahan, Kecamatan Sukoharjo Kota 14 kelurahan dan Kecamatan Bendosari satu kelurahan. Karakteristik masing masing kelurahan berbeda karena ada yang berada di tengah perkotaan namun beberapa diantaranya di wilayah perbatasan dengan pedesaan.

Perhitungan alokasi dana kelurahan yang akan diterima masing masing kelurahan disesuaikan dengan nilai terkecil yang diterima desa dari dana desa. Rumusan tersebut merupakan ketetapan dari pemerintah pusat dan daerah tinggal melaksanakan saja.

"Masing masing kelurahan akan mendapatkan alokasi dana kelurahan diperkirakan sekitar Rp 370,1 juta. Angka itu berasal dari DAU sebesar Rp 6,292 miliar dibagi 17 kelurahan. Selain itu Pemkab Sukoharjo akan mengalokasikan dana tambahan sehingga tiap kelurahan akan menerima Rp 950 juta," ujarnya.

Dana sebesar itu diminta Pemkab Sukoharjo untuk dikelola kelurahan dengan maksimal demi kemajuan masyarakat. Selain itu juga untuk mengejar ketinggalan dibandingkan dengan desa.

Kabag Pemerintahan Pemkab Sukoharjo Ary Haryanto mengatakan, wacana pemberian dana untuk kelurahan memang sudah muncul sejak beberapa waktu lalu.

Dana tersebut akan diberikan pada kelurahan yang sifatnya mirip dengan dana desa untuk desa. Namun dalam pelaksanaannya nanti dana untuk kelurahan akan diberikan melalui sumber berbeda yakni APBD daerah. Tapi secara jelas teknis pelaksanaanya masih menunggu kejelasan dari pemerintah pusat.

Munculnya wacana pemberian dana untuk kelurahan sudah diketahui oleh masing masing daerah. Tidak kecuali oleh para lurah disejumlah kelurahan di Sukoharjo. Hal itu diketahui dengan turunnya PP Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

Sumber: KRjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN DI KABUPATEN PATI TAHUN 2018 MENURUN

KEMISKINAN DI KABUPATEN PATI TAHUN 2018 MENURUN

SAPA INDONESIA - BADAN Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati...
JALIN MATRA SUKSES TEKAN ANGKA KEMISKINAN

JALIN MATRA SUKSES TEKAN ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - JALAN Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin...
PEMKAB BANTUL: TAHUN INI GAGAL CAPAI TARGET PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

PEMKAB BANTUL: TAHUN INI GAGAL CAPAI TARGET PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMKAB Bantul gagal mencapai target penurunan...
PRESIDEN: ANGKA KEMISKINAN HARUS LEBIH TURUN LAGI

PRESIDEN: ANGKA KEMISKINAN HARUS LEBIH TURUN LAGI

SAPA INDONESIA - MESKI angka kemiskinan sudah turun dari 11,2...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook