Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TINGGINYA ANGKA PUTUS SEKOLAH MASALAH SERIUS

kemiskinan-sapa-tinggiangkaputssekolah

SAPA INDONESIA - TINGGINYA angka putus sekolah pada jenjang SD-SMP saatnya dipandang sebagai masalah serius dalam konteks daya saing bangsa. Diperlukan kerja keras pemerintah pusat dan daerah agar angka putus sekolah tidak menjadi klasik dalam pemetaan sumber daya manusia Indonesia.

Pembantu Rektor Universitas Negeri Jakarta Bidang Akademik Muchlis Rantoni Luddin mengingatkan, anak-anak yang putus sekolah saat ini, pada 5-10 tahun mendatang akan menggerus makna bonus demografi.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

"Seharusnya, pada tahun 2020-2030, Indonesia menuai nilai positif dari anak-anak yang tumbuh jadi penduduk usia produktif itu. Namun, dengan kondisi pendidikan dasar mereka yang gagal, kita malah menuai persoalan," ujar Muchlis, di Jakarta, Kamis (6/10).

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada 2015/2016 saja, ada 1,014 juta anak putus sekolah di SD dan tidak melanjutkan ke SMP. Data itu relevan dengan peta tenaga kerja Indonesia yang menunjukkan 40 persen berpendidikan setara SD.

Muchlis menilai, "saldo" angka putus sekolah yang muncul setiap tahun itu ibarat "borok" dalam daya saing bangsa. "Negara-negara tetangga sudah melesat dalam riset dan kompetensi, kita masih terus direcoki masalah elementer," ujar mantan Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Malaysia itu.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN
Wakil Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Satryo Soemantri Brodjonegoro menilai,

masih adanya anak yang tak menuntaskan wajib belajar 9 tahun merupakan kegagalan negara. Pendidikan dasar-menengah harusnya ditanggung pemerintah.

"Kalau kita memandang pendidikan sebagai prioritas, ya, pendidikan harus dibereskan. Kita bukan menghadapi masalah anak putus sekolah di SD saja. Mutu pendidikan SD kita juga masih jadi persoalan," ujar Satryo.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan Febri Hendri menilai kucuran anggaran pendidikan 20 persen dari APBN gagal menuntaskan berbagai persoalan mendasar dalam dunia pendidikan di tingkat wajib belajar 9 tahun.

Persoalan putus sekolah, ruangan kelas rusak, dan mutu pendidikan masih menjadi momok yang mengancam penyiapan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.

Grafik1Menurut Febri, perencanaan program pendidikan terindikasi tidak didukung data yang akurat. "Terlihat dalam program Kartu Indonesia Pintar, ada data yang berbeda dari Kemdikbud dan kementerian lain," kata Febri.

Pemerintah berkomitmen

Namun, Direktur Pendidikan dan Agama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Hadiat menegaskan, peningkatan SDM lewat pendidikan tetap jadi komitmen pemerintah. Dari wajib belajar 9 tahun mulai ditingkatkan hingga 12 tahun.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

"Kita harus tetap optimistis lewat berbagai intervensi yang dilakukan pemerintah dalam hal perluasan akses dan kualitas. Mungkin hasilnya terlihat lamban, tapi ini karena cakupan pembiayaan pendidikan sangat lebar, dari segi populasi siswa, guru, dan sekolah," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah menyatakan, pemerintah boleh meminta kontribusi pendanaan dari masyarakat. Namun, pengelolaan pungutan harus transparan. Apabila hendak menggunakan sistem subsidi silang, rencana penggunaan anggaran harus disusun rapi.

Sumber: Kompas dot com
                 PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terpopuler

Terbaru

GUNAKAN DANA DESA, LENGKAPI KEBUTUHAN KERJA BIDAN DESA

GUNAKAN DANA DESA, LENGKAPI KEBUTUHAN KERJA BIDAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
MITRA BUMDES NUSANTARA PACU PEREKONOMIAN DESA

MITRA BUMDES NUSANTARA PACU PEREKONOMIAN DESA

SAPA INDONESIA - PERUSAHAAN Umum Badan Urusan Logistik (Perum...
MENDAGRI: BANGUNLAH DESA TANPA HILANGKAN JATI DIRI

MENDAGRI: BANGUNLAH DESA TANPA HILANGKAN JATI DIRI

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo...
TARGET TURUNKAN KEMISKINAN, WABUP: BILA TIDAK TERCAPAI BERARTI TIDAK BERHASIL

TARGET TURUNKAN KEMISKINAN, WABUP: BILA TIDAK TERCAPAI BERARTI TIDAK BERHASIL

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Kebumen Yazid Mahfudz membuka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook