Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RENTENIR JADI KENDALA SERAPAN KREDIT USAHA RAKYAT

kemiskinan-sapa-rentenirkendalakur

SAPA INDONESIA - RENTENIR masih menjadi momok bagi upaya pemerintah dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kendati sadar bahwa bunganya relatif tinggi, namun kebanyakan pengusaha UMKM lebih memilih mempercayakan kredit terhadap para rentenir itu dengan alasan kemudahan prosesnya.

Hal itu disampaikan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaraan DIY, Ludiro, usai penandatanganan nota kesepahaman antara pihak Kanwil Ditjen Perbendaraan DIY dan Pemkab Bantul, Selasa (11/10/2016) di Ruang Bupati, ia mengakui bahwa sejak 2015 lalu.

Pihaknya memang tengah berupaya memperbaiki tata kelola Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Ini juga yang menjadi titik fokus nota kesepahaman ini. Dari semua kabupaten/kota yang ada di DIY, Bantul memang kabupaten terakhir yang kami gandeng," ujarnya.

Dikatakannya, target UMKM di DIY yang dapat atau memperoleh KUR pada tahun 2016 saat ini baru mencapai sekitar 70 ribu atau sekitar 50 persen UMKM di DIY. Sedangkan total kuota UMKM yang dibebankan ada sekitar 134ribu. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

"Masih ada sisa waktu sekitar sekitar tiga bulan untuk mencapai target sekitar 130 UKM memperoleh pinjaman KUR di tahun 2016 ini," ujarnya.

Dari total tersebut, angka terbesar pengakses KUR memang masih banyak didominasi oleh UMKM asal Kota Jogja. Sedangkan Bantul, diakunya memang masih cukup sedikit. "Angkanya saya lupa," ujarnya. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Sulistyanta mengatakan, sejauh ini tercatat sekitar 7.000 UMKM di Bantul yang sudah mengakses KUR dengan total pinjaman mencapai plafon maksimal Rp200 miliar. "Memang ini sudah hampir mendekati plafon maksimal," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya kini terus berupaya untuk memperbanyak jumlah UMKM pengakses KUR tersebut. Terlebih, dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman itu, komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas UMKM bisa semakin kuat.

"Bagaimanapun, KUR bisa jadi solusi bagi UKM ditengah persaingan yang sangat ketat dan saling menguatkan usaha mikro kecil. Dengn begitu mereka bisa terhindar dari rentenir," katanya. PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Sumber: Harianjogja dot com
                    PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook