Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENURUNAN TINGKAT KEMISKINAN DI JAWA TIMUR YANG TERCEPAT SE JAWA BALI

kemiskinan-pemiskinan-angkakemiskinan

SAPA - Penurunan tingkat kemiskinan di Jawa Timur pada empat tahun terakhir adalah sebesar 3,60% atau paling cepat se Pulau Jawa dan Bali.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan pada 2009 penduduk miskin Jawa Timur sebanyak 6.022.590 jiwa. Angka itu turun pda 2011 menjadi 5.356.210 dan pada akhir 2012 jumlah penduduk miskin menjadi 4.960.540 jiwa atau turun 13,08%.

"Pada 2012 penduduk miskin Jatim turun 395.670 jiwa dan memberikan kontribusi penurunan terbesar nasional yakni 30,35% dari penurunan penduduk miskin nasional," ujar Soekarwo pada acara Sarasehan dalam rangka HUT ke-67 PWI dan peringatan Hari Pers Nasional 2013 tingkat Jatim menuju Jatim yang lebih baik, Kamis (7/2/2013).

Selain itu, lanjutnya, ekonomi Jawa Timur juga diikuti oleh terkendalinya tingkat inflasi dan penurunan tajam indeks disparitas antar wilayah sehingga berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan, pengangguran, maupun kenaikan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Kinerja ekonomi Jatim yaitu pertumbuhan ekonomi tinggi yang diiringi dengan penurunan tajam indeks disparitas antar wilayah mengindikasikan kinerja ekonomi Jatim mengarah pada pertumbuhan inklusif," imbuhnya.

Dia menjelaskan peran lembaga legislative sangat penting dalam pengambilan kebijakan. Salah satunya kebijakan gubernur yakni pemberian subsidi ongkos angkut barang-barang bahan pokok dari pabrik ke pasar menjelang hari raya sehingga berdampak positif harga bahan pokok tetap stabil mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

 

bisnis-jatim dot com

Terpopuler

Terbaru

WALIKOTA MAGELANG MINTA DANA KELURAHAN DAPAT DIREALISASIKAN

WALIKOTA MAGELANG MINTA DANA KELURAHAN DAPAT DIREALISASIKAN

SAPA INDONESIA - WALIKOTA MAGELANG, Sigit Widyonindito, menyambut...
SUKOHARJO: 17 KELURAHAN SEGERA TERIMA DANA KELURAHAN

SUKOHARJO: 17 KELURAHAN SEGERA TERIMA DANA KELURAHAN

SAPA INDONESIA - PEMKAB Sukoharjo memastikan sebanyak 17 kelurahan...
KEMENDAGRI SERAHKAN KONSEP DANA KELURAHAN

KEMENDAGRI SERAHKAN KONSEP DANA KELURAHAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan...
KEMENDES SEBUT INOVASI DESA YOGYA MUNCUL BERKAT ADEM AYEM POLITIK

KEMENDES SEBUT INOVASI DESA YOGYA MUNCUL BERKAT ADEM AYEM POLITIK

SAPA INDONESIA - ANGGOTA Tim Advisor Kementerian Desa Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook