Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

100 RIBU ORANG JUMLAH WARGA MISKIN DI BATAM

kemiskinan-pemiskinan-wawalibatamSAPA - Terdapat perbedaan data jumlah penduduk miskin di Kota Batam versi Pemerinta Kota (Pemko) Batam dan Badan Pusat Statistik (BPS). Versi Pemko, penduduk miskin di kota ini tembus angka 100 ribu orang sedangkan versi BPS hanya 40 ribu.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Rudi. "Memang terdapat perbedaan angka. Tapi kami sudah memperkirakan jumlahwarga miskin di Batam sekitar 100 ribu jiwa. Ini menjadi perhatian serius dari Pemko Batam, dalam pengentasan kemiskinan," kata mantan anggota DPRD Batam ini.

Menurutnya, banyaknya orang miskin di Batam karena masih banyaknya warga yang belum memiliki ketrampilan khusus. Misalnya di daerah hinterland masih banyak warga yang masih mengandalkan alat tangkap tradisional padahal saat ini sudah banyak alat-alat canggih yang bisa digunakan.

"Kalau ada orang yang sudah memiliki keahlian di hinterland kita berharap agar kemampuan dan keahliannya ditransfer ke warga setempat. Dengan demikian kemiskinan di kota Batam pelan-pelan akan teratasi," Kata Rudi.

Selain itu menurut Rudi, saat ini banyak pendatang yang hendak mencari nafkah di Batam tidak dibekali dengan ketrampilan khusus. Hal ini mengakibatkan terjadinya penambahan jumlah pengangguran di Batam.

"Kalau mau ke Batam jangan hanya mengandalkan ijazah saja. Kalau ada ketrampilan khusus, saya yakin akan cepat dapat kerjaan di Batam," tambah Rudi.

Untuk mengurangi angka kemiskinan ini, Pemko Batam sudah melakukan berbagai kegiatan termasuk pelatihan kepada warga. Selain itu, Pemko juga sudah menyekolahkan anak didik berprestasi dari daerah hinterland.

Pemko juga mengalokasikan sejumlah anggaran yang berfungsi sebagai penunjang mata pencaharaian di antaranya dengan mengembangkan sejumlah kelompok usaha bersama (KUB) di masyarakat.

 

batampos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

SEKDA WONOGIRI: ASET DESA HARUS DISELAMATKAN

SEKDA WONOGIRI: ASET DESA HARUS DISELAMATKAN

SAPA INDONESIA - SEBAGAI pengurus barang milik desa, perangkat...
DESA DI GUNUNG KIDUL KELOLA INFORMASI

DESA DI GUNUNG KIDUL KELOLA INFORMASI

SAPA INDONESIA - SELURUH desa di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
MEMILAH KORUPSI DESA

MEMILAH KORUPSI DESA

SAPA INDONESIA - KORUPSI desa mulai terungkap (Kompas, 3/3)....
2 PROVINSI INI JADI FOKUS MUSRENBANGNAS 2017

2 PROVINSI INI JADI FOKUS MUSRENBANGNAS 2017

SAPA INDONESIA - PROVINSI Papua dan Papua Barat mendapat sesi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook