Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN DI ACEH UTARA MENCAPAI 21,34 PERSEN

Data

SAPA - Keberadaan sejumlah pabrik vital di Kabupaten Aceh Utara ternyata belum mampu untuk mengatasi angka kemiskinan masyarakat dari 27 kecamatan. Padahal, puluhan tahun lalu, Aceh Utara dikenal sebagai daerah penghasil migas di Aceh.Namun, apa yang diperoleh masyarakat yang masih hidup dibawah garis kemiskinan dengan kondisi rumah tidak layak huni. Begitu juga banyak dijumpai penganguran akibat minimnya lapangan kerja yang dibuka oleh Pemerintah Aceh Utara dan pabrik vital di Aceh.

"Pemerintah harus mencari jalan keluar untuk mengatasi angka kemiskinan masyarakat mencapai 21,34 persen dari jumlah penduduk Aceh Utara, 591.444 jiwa,"ungkap Direktrur Eksekutif LSM Reuncong Aceh, Zainal Abidin Badar, SH,M.Hum, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Kata dia, pemerintah harus mampu membuka lapangan kerja dan memberdayakan ekonimi masyarakat miskin di Aceh Utara. " Ini semua perlu dilakukan untuk mengatasi angka kemiskinan dan pengangguran yang terjadi setiap tahun,"terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Utara, Muhammad Jamil, juga membenarkan, angka kemiskinan di Aceh Utara, mencapai 21,34 persen dari jumlah penduduk Aceh Utara. "Kita akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi angka kemiskinan tersebut, melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah Aceh Utara, tahun 2014 berfokus kepada Dhoe, Dhak dan Duek.Menurutnya, isu strategis dan permasalahan pembangunan yang dihadapi saat ini, Aceh Utara, masih berkisar pada beberapa hal yang krusial dan mendesak perlu mendapat perhatian semua pihak.

Sepertinya, masih rendahnya mutu pendidikan dan mutu tenaga kependidikan serta masih tingginya tingkat pengangguran yang disebabkan belum tersedianya pendidikan untuk menghasilkan tenaga trampil baik formal maupun non formal.Kemudian, kualitas pelayanan kesehatan yang bermutu belum merata, sarana dan prasarana kesehatan belum memadai dan tenaga kesehatan tidak terdistribusi dengan baik. Begitu juga, masih rendahnya produksi dan produktifitas pertanian terutama padi yang disebabkan oleh kondisi jaringan irigasi yang belum sempurna.

Demikian juga masih banyaknya ruas jalan dan jembatan dalam kondisi rusak.Sebutnya, atas persoalan tersebut, akan menjadi angenda pembangunan yang tentu saja tidak secara serta merta dapat diselesaikan dalam tahun 2012. Namun, berbagai langkah serius harus ditempuh dalam upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat Aceh Utara.

 

rakyataceh dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook