Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

INI YANG BIKIN TIDAK BISA NABUNG, SUDAH MISKIN ROKOKNYA TETAP NGEBUL

kemiskinan-pemiskinan-rokok1

SAPA - Fakta mengejutkan telah disampaikan oleh lembaga UKM-Center FE Universitas Indonesia.

Orang miskin di Indonesia secara rata-rata hidup dengan Rp 7.700/orang/hari dan sebenarnya bisa menyisihkannya untuk menabung.

Dengan uang sebesar itu, masyarakat miskin sebenarnya sudah bisa mencakup kebutuhan makanan, non makanan seperti transportasi, pakaian, kesehatan dan pendidikan. Lantas darimana uang tabungannya?

"Berbagai survei menemukan, pengeluaran rokok dan jajanan anak cukup besar. Untuk rokok saja bisa mencapai Rp 10 ribu per hari dengan mengambil jatah pengeluaran keluarga lainnya," tutur Kepala UKM-Center FE Universitas Indonesia, Hilda Fachiza di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Dikatakannya, jika rumah tangga miskin bisa lebih bersabar dan mau mengontrol pengeluaran mereka bisa menabung. Namun, orang orang miskin enggan menabung akibat rendahnya kesadaran, belum mampu mengelola keuangan dan juga akses layanan.

"Akses layanan keuangan mencakup simpanan dan pinjaman masih sangat terbatas belum lagi belum ada pendidikan keuangan lebih jarang lagi," katanya.

UKM Center FE sendiri telah mengambil langkah dengan mengajak masyarakat bermimpi, misalnya bisa umroh, bisa menyekolahkan anak lebih tinggi.

"Kita mengawalinya dengann mengajaknya bermimpi. Kalau sudah 'kena' untuk mencapai keinginan mereka akan berusaha, tapi kalau tanpa diajak mimpi dulu susah," katanya.

Tahun 2011, Pemerintah Indonesia menetapkan garis kemiskinan nasional berada di angka Rp 230 ribu per kapita per bulan atau Rp 7700 perhari. Jika di dalam rumah terdiri istri dan dua anak maka pendapatannya Rp 920 ribu. Penghasilan di bawah angka itu digolongkan miskin.

 

m dot tribunnews dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMERINTAH SINKRONKAN DATA TERKAIT PENYALURAN KIP

PEMERINTAH SINKRONKAN DATA TERKAIT PENYALURAN KIP

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH memperbaiki penyaluran Kartu Indonesia...
WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMBINAAN kepada kepala desa dan perangkat...
MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

SAPA INDONESIA - BUPATI Malang Dr Rendra Kresna mengakui kemiskinan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook