Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

56 DESA DI KAB CILACAP MASIH MISKIN

kemiskinan-pemiskinan-desacilacap

SAPA - Sebanyak 56 desa/kelurahan di Kabupaten Cilacap masih menjadi desa prioritas berdasarkan data Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011. Pasalnya, lebih dari 26 persen warga di desa-desa itu termasuk keluarga miskin.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Subbidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Cilacap, Basuki Wibowo SSi, Kamis (30/5) kemarin.

Dikatakan, dari ke 56 desa itu tersebar di beberapa kecamatan, seperti Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karang Pucung, Cipari, Sidareja, Kedungreja, Patimuan, Gandrungmangu. Selain itu juga ada dari Kecamatan Bantarsari, Kawunganten, Kampung Laut, Jeruklegi, Kesugihan, Adipala, Maos, Sampang, Kroya,

Binangun, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, dan Cilacap Utara.

"Jika semua SKPD fokus, untuk melakukan pembangunan guna menekan angka kemiskinan di 56 desa ini, maka angka kemiskinan bisa ditekan," katanya.

Warga yang berkriteria miskin, kebanyakan adalah petani yang berada di desa. Hampir sebanyak 60 persennya. "Harusnya program pengentasan kemiskinan mengarah ke petani yang ada di desa-desa," katanya.

Ia mengakui, saat ini memang banyak program pengentasan kemiskinan dari berbagai instansi. Baik dari pemkab sendiri maupun dari pemerintah pusat. Akan tetapi, sampai saat ini sasaranya belum begitu tepat. Padahal, kata dia, sudah ada sekretariat tim koordinasi penanggulangan kemiskinan (TKPK) yang dilokasikan di Bappeda, tetapi memang belum terkoordinasi dengan baik.

"Pemberian bantuan arus fokus, data juga jelas, analisa jelas, sasarannya juga harus tepat. Selain itu juga harus ada pengawasan dan pengendalian. Sehingga dana bantuan yang diberikan benar-benar sampai ke sasaran," ujarnya.

Desa Miskin
-Sebanyak 56 desa/kelurahan di Cilacap masuk kategori desa prioritas
-Dikarenakan 26 persen warga di 56 desa/kelurahan tersebut masuk kategori keluarga miskin
-Ke-56 desa terseut tersebar diseluruh kecamatan di Cilacap
-Keberadaan TKPK di Bappeda belum terkkoordinasi dengan baik
-Warga miskin sebagian besar adalah petani
-Target pengentasan angka kemiskinan sebesar 15 persen

 

2013, Ditarget Angka Kemiskinan Turun 15 Persen

BERBAGAI langkah dan program kerja terkait penanganan kasus angka kemiskinan memang seyogiyanya dilakukan secara fokus. Bila hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin target penurunan angka kemiskinan sebesar 15 persen di tahun ini bisa tercapai.

"Walaupun berat, paling tidak terjadi penurunan angka kemiskinan sekitar 15 persen," kata Kepala Subbidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Cilacap, Basuki Wibowo SSi.

Pembina Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Tetty S Pamuji mengatakan, PKK juga berperan untuk mengurangi angka kemiskinan di Cilacap. Karena PKK merupakan pilar keluarga.

"PKK meminimalisir pertambahan penduduk, kedua dengan melakukan pelatihan-pelatihan UMKM kepada ibu rumah tangga," kata Tetty, Kamis kemarin. Dengan pelatihan UMKM ini, kata dia, diharapkan membuat masyarakat memiliki usaha sendiri, sehingga secara otomatis kesejahteraan dan perekonomian di keluarganya akan meningkat.

Wahid Hartoyo, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan pada Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cilacap mengatakan, ada beberapa program yang untuk pengentasan kemiskinan. Satu di antaranya yang merupakan bantuan dari Kementerian Sosial, kata dia, adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Di Cilacap sendiri sudah dilaksanakan mulai tahun 2011.

"Ini menjadi program pengentasan kemiskinan. Kami dari dinas melaksanakan sesuai dengan data yang diberikan oleh pusat," ujarnya beberapa saat lalu.

Program ini, kata dia, untuk membantu orangtua agar bisa membiayai anak-anaknya yang masih sekolah. Namun, karena keterbatasan penghasilan, tidak bisa membiayainya. Untuk tahun 2012 saja ada sebanyak 20.060 keluarga yang dibantu dalam program ini. Dengan dana sebesar Rp 26.282.230.000.

"Bantuan dikirimkan langsung melalui kantor pos, tetapi untuk mengetahui dana itu benar-benar tepat sasaran ada pendamping yang selalu mengawasi dan memberikan pengarahan dan evaluasi kepada keluarga yang mendapatkan," katanya. Apabila di lapangan ternyata keluarga bersangkutan tidak melaksanakan, atau anak tidak bersekolah bantuan itu bisa dicabut.

satelitnews dot co
                                                                       Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PPLS 2011

Terpopuler

Terbaru

DESA DI GUNUNG KIDUL KELOLA INFORMASI

DESA DI GUNUNG KIDUL KELOLA INFORMASI

SAPA INDONESIA - SELURUH desa di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
MEMILAH KORUPSI DESA

MEMILAH KORUPSI DESA

SAPA INDONESIA - KORUPSI desa mulai terungkap (Kompas, 3/3)....
2 PROVINSI INI JADI FOKUS MUSRENBANGNAS 2017

2 PROVINSI INI JADI FOKUS MUSRENBANGNAS 2017

SAPA INDONESIA - PROVINSI Papua dan Papua Barat mendapat sesi...
JOKOWI DAN PARA GUBERNUR BAHAS RENCANA PEMBANGUNAN 2017

JOKOWI DAN PARA GUBERNUR BAHAS RENCANA PEMBANGUNAN 2017

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook