Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

Otih-Oyoh Harus Bergulat dengan Kemiskinan

sapadefault

BANDUNG - Di tengah gencarnya pemberitaan mengenai renovasi gedung DPR yang memakan biaya miliaran, Otih (66) dan Oyoh (60) tetap saja hidup dengan segala kekurangan dan keterbatasan.

Otih dan Oyoh adalah pasangan suami istri yang tinggal di sebuah rumah di Gang Abah Muhammad, RT 2 RW 11 Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Rumah mereka hanya berjarak 10 meter dari perbatasan Kota Bandung-Kota Cimahi yang ramai dilalui kendaraan.

Disebut rumah mereka pun sulit, karena Otih maupun Oyoh sebetulnya menempati rumah kosong milik orang lain. Beruntung mereka mendapatkan izin dari pemiliknya untuk tinggal di sana sejak empat tahun terakhir. Jadilah mereka menggunakan sebuah ruangan yang paling luar dari rumah tersebut sebagai tempat tinggal.

Luasnya pun tidak lebih dari 4 X 2 meter yang ditempati Otih, Oyoh, anak mereka bernama Rohman dan tiga cucunya. Di ruangan itu mereka tidur, memasak, dan beraktivitas.

Untuk kebutuhan sehari-hari, Oyoh hidup dari melipat kantung kertas untuk penjual gorengan. Setiap 1.000 kantung bisa mendapatkan upah Rp 5.000 meski tidak bisa didapatkan setiap hari.

Rohman hanya bisa memberi Rp 15.000 dari pekerjaannya sebagai calo angkutan umum. Uang yang dikumpulkan segera habis untuk kebutuhan tiga anaknya.

Otih yang seharusnya menjadi kepala keluarga kini lemah tidak berdaya karena penyakit tekanan darah tingginya. Sebelumnya, dia menjadi buruh bangunan hingga terbaring sakit 10 bulan lalu.

Dengan kondisi tersebut, Otih dan Oyoh tidak mau menyerah. Mereka terus bertahan dan bergulat dengan kemiskinan yang membelenggu mereka sembari sesekali berharap pemerintah hadir untuk membantu.

Sumber : Kompas.com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook