Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TINGGINYA ANGKA KEMISKINAN DI KARANGANYAR

Budget

SAPA - Kabupaten Karanganyar ternyata masih memiliki angka kemiskinan yang cukup tinggi, dan puluhan ribu warga masuk dalam kategori rumah tangga rentan miskin. Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dikhawatirkan akan semakin membebani kehidupan warga miskin.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Karanganyar, terdapat 87.290 rumah tangga (RT) yang terbagi dalam empat kategori miskin dan tersebar di 17 wilayah kecamatan. Jumlah tersebut terdiri atas 7.132 RT sangat miskin, 10.764 RT miskin, 26.061 RT hampir miskin, dan 43.333 RT rentan miskin.

"Jumlah rumah tangga miskin di Kabupaten Karanganyar memang masih tinggi," jelas Kepala BPS Karanganyar Toto Destanto kepada para wartawan.

Toto menjelaskan, dari empat kategori yang paling mengkhawatirkan adalah mereka yang masuk dalam RT rentan miskin. Sebab, jumlahnya lebih banyak dibanding yang masuk kategori sangat miskin, miskin dan hampir miskin.

"Rumah tangga rentan miskin tersebut sebenarnya di atas garis kemiskinan, namun mereka paling berpotensi menambah angka kemiskinan jika terjadi kenaikan harga barang-barang," jelas Toto.

Puluhan ribu rumah tangga dari kategori rentan miskin masuk menjadi kategori miskin sangat mungkin bisa dengan mudah terjadi. Terlebih pascakenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Naiknya harga BBM membuat daya beli para rumah tangga atas barang konsumsi yang menjadi sejumlah indikator kemiskinan menjadi menurun.

"Harga barang atau makanan naik menyesuaikan dengan kenaikan harga BBM, namun pendapatan tiap RTS tetap, ini bisa menjadi pemicu," terang Toto. Sehingga diharapkan ada program dari pemerintah yang benar-benar membantu rumah tangga yang masuk dalam empat kategori miskin tersebut, agar bisa mengangkat harkat dan martabat mereka.

Terkait pemberian bantuan untuk para rumah tangga sasaran, Toto mengemukakan, selama ini pihaknya hanya berperan dalam memberikan data jadi yang lalu diolah Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Seperti dalam pemberian data progra, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) misalnya, pihaknya hanya memberikan data saja.

"Tim dari pusat lah yang memiliki kewenangan menentukan kategori warga yang berhak menerimanya," tegasnya.

suaramerdeka dot com
                                                                      

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook