Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

INDEKS KEPARAHAN KEMISKINAN PROVINSI BABEL NAIK

Budget

SAPA - Indeks keparahan kemiskinan (P2) di Provinsi Kepualauan Bangka Belitung (Babel) naik dari 0,08 pada Maret 2012 menjadi 0,11 pada Maret 2013.

"Ketimpangan rata-rata pengeluaran penduduk miskin di daerah ini semakin besar sehingga menyebabkan naiknya indeks keparahan kemiskinan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Babel Herum Fajarwati di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengungkapkan, indeks keparahan kemiskinan di daerah pedesaan sebesar 0,15 atau lebih besar dibanding daerah perkotaan sebesar 0,06.

"Indeks keparahan kemiskinan di daerah pedesaan lebih tinggi dari perkotaan artinya tingkat kemiskinan di daerah pedesaan lebih parah daripada di daerah perkotaan," ujarnya.

Menurut dia, kondisi lapangan kerja yang terbatas di daeran pedesaan menjadi salah satu penyebab tinnginya indeks keparahan kemiskinan dari daerah perkotaan.

"Jumlah lapangan kerja yang ada di daerah pedesaan tidak mampu menampung semua sumber daya manusia (SDM) sehingga pengeluaran rata-rata penduduku miskin untuk memenuhi kebutuhan semakin menjauhi garis kemiskinan," ujarnya.

Ia menjelaskan, besar kecilnya jumlah penduduk miskin sangat dipengaruhi garis kemiskinan karena penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita dibawah garis kemiskinan merupakan penduduk miskin.

"Kebijakan pemerintah harus mampu memperkecil tingkat keparahan kemiskinan khususnya di daerah pedesaan dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat miskin," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, ideks kedalaman kemiskinan di Babel juga naik dari 0,51 pada Maret 2012 menjadi 0,54 pada Maret 2013.

"Kenaikan nilai indeks tersebut mengindikasikan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin di daerah ini cenderung semakin menjauhi garis kemiskinan," ujarnya.

Ia berharap, pemerintah daerah tidak hanya berupaya dalam memperkecil jumlah dan persentase penduduk miskin namun juga menekan tingkat keparahan dan kedalaman kemiskinan di daerah itu.

iyaa dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook