Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

INFLASI DAN TURUNNYA DAYA BELI AKIBATKAN KEMISKINAN MENINGKAT

Budget

SAPA - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengatakan bahwa inflasi dan daya beli dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan angka kemiskinan, termasuk di wilayahnya Kalimantan Barat. Kendati demikian, pemerintah terus berupaya menurunkan angka tersebut. "Badan Pusat Statistik mendata dan melihat terjadinya peningkatan kemiskinan (di Kalbar). Dari sekitar tujuh persen menjadi delapan persen. Ini akibat inflasi dan daya beli," ujar Christiandy.

Christiandy menjelaskan ada golongan masyarakat yang berada pada level tidak miskin, tetapi hampir miskin. Ketika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok maupun barang lainnya, pendapatan mereka tidak meningkat. Akhirnya daya beli mereka berkurang. "Masyarakat yang selama ini hampir miskin, menjadi miskin benaran. Dari sana bertambahnya data (angka kemiskinan). Kalau memang data yang resmi BPS, ya (menggunakan) BPS," ungkap Christiandy.

Menurut Christiandy, selama ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah berupaya menurunkan angka kemiskinan. Hal ini dilakukan dengan berbagai program, termasuk di satuan kerja perangkat daerah. Tetapi kondisi yang ada seperti kenaikan harga barang termasuk bahan bakar minyak menyebabkan dilematis.

"Harga barang naik, tetapi pendapatan tidak naik. Terkait pendapatan, sudah ada yang mengatur dengan upah minimum provinsi maupun regional. Tidak bisa berbicaranya sepihak," kata Christiandy. Christiandy mengatakan pihaknya juga tidak bisa meminta perusahaan menaikkan pendapatan pekerjanya, karena berkaitan dengan kemampuan perusahaan. Jika kenaikan upah diluar kemampuan perusahaan dapat mengakibatkan kolaps. Tutupnya perusahaan malah mengakibatkan pengangguran.

"Selama ini tingkat pengangguran Kalbar di bawah nasional. Hal ini menunjukkan ladang pekerjaan cukup bagus dan harus dijaga bersama," ujarnya.

Christiandy menambahkan sebaiknya produksi ditingkatkn. Dengan barang tersedia banyak, terjadi perimbangan antara suplai dengan permintaan. "Dampaknya, harga terkontrol. Jadi produktivitas harus ditingkatkan dan diharapkan kondisi semakin baik dan kemiskinan bisa turun," ungkapnya.

pontianakpost dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook