Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENERIMA PKH GUNUNGKIDUL TAHUN 2013 MENURUN

kemiskinan-pemiskinan-pkh1

SAPA - Jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Gunungkidul tahun ini mencapai 7.991 rumah tangga sangat miskin (RTSM). Jumlah ini merupakan hasil final closing statement atau verifikasi final yang dilaporkan para pendamping PKH.

"Terus terjadi pengurangan setiap tahap triwulannya. Adapun angka 7.991 RTSM ini adalah data untuk tahap pertama di tahun 2013," ujar Koordinator Operator Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Gunungkidul, Suminto ST, Jumat (12/07/2013).

Ia mengatakan, penurunan penerima PKH karena faktor situasional. Yakni ada RTSM yang tidak lagi masuk kriteria penerima PKH.

"Seperti ibu hamil atau menyusui atau mempunyai balita. Ada juga ibu yang mempunyai anak usia sekolah. Kalau misalnya anaknya sudah lulus sekolah, tentu bukan masuk kriteria ini. Jadi, perlu ada pembaruan data," ujar Suminto.

Suminto menerangkan, nilai bantuan PKH diberikan bervariasi. tergantung jumlah anggota keluarga yang diperhitungkan dalam penerimaan bantuan, baik komponen kesehatan maupun pendidikan. Besaran bantuan bisa berubah sesuai dengan kondisi keluarga saat disurvei.

Bagi warga miskin yang anaknya masih SD dapat bantuan Rp 400,- ribu per tahun, SMP Rp.800,- ribu per tahun, ibu hamil atau ibu menyusui Rp 800 ribu per tahun, dan bantuan tetap ibu Rp 200,- ribu. Jika satu rumah ada anak SD satu, SMP satu, berarti Rp 400,-ribu, ditambah Rp. 800,- ribu, ditambah Rp.200,-ribu total semua Rp 1.400.000 dan pembayaran dibagi empat kali pembayaran jadi pertiga bulan menerima Rp.350,-ribu.

Pengurangan jumlah RTSM otomatis mengurangi pula nilai bantuan yang digelontorkan Kementerian Sosial sebagai penggagas program ini,Minto mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu dana itu dikirimkan Kementerian Sosial melalui PT Pos.

sorotgunungkidul dot com

Terpopuler

Terbaru

KORUPSI DANA DESA DI BENGKALIS TERJADI KARENA NIAT KADES TIDAK BAIK DARI AWAL

KORUPSI DANA DESA DI BENGKALIS TERJADI KARENA NIAT KADES TIDAK BAIK DARI AWAL

  SAPA INDONESIA - BAIK dari kepala desa maupun perangkat...
GUNUNGKIDUL: PEMKAB MENILAI DATA BPS DINILAI TAK VALID

GUNUNGKIDUL: PEMKAB MENILAI DATA BPS DINILAI TAK VALID

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul...
BOYOLALI: ADD DICAIRKAN PER BULAN, KADES SENANG

BOYOLALI: ADD DICAIRKAN PER BULAN, KADES SENANG

SAPA INDONESIA - ALOKASI dana desa (ADD) mulai tahun ini dicairkan...
MUSLIMAT NU DORONG PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

MUSLIMAT NU DORONG PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - MUSLIMAT Nahdlatul Ulama (NU) menggandeng...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook