Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENDAGRI PRIHATIN KEMISKINAN DI DAERAH PERBATASAN MASIH TINGGI

kemiskinan-pemiskinan-perbatasan

SAPA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengaku merasa prihatin setelah mengetahui tingkat kemiskinan di daerah perbatasan tetap tinggi, yaitu 18,31 persen. Padahal menurutnya, angka kemiskinan secara nasional sudah turun yaitu menjadi 11,4 persen.

"Tahun depan harus bisa turun ke 14,20 persen," kata Gamawan, dalam rapat kerja kelima Badan Nasional Penangulangan Perbatasan (BNPP), di Jakarta, Kamis (18/7).

Rapat bertema "Dengan Membuka Keterisolasian Kawasan Perbatasan, Kita Wujudkan Kesejahteraan Rakyat dalam Kerangka NKRI" itu menghadirkan seluruh stakeholder yang terkait dengan perbatasan, seperti para gubernur dan bupati di daerah perbatasan, serta para pejabat kementerian terkait. Selain Gamawan, hadir pula Panglima TNI Agus Suhartono, serta Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Gamawan menjelaskan, angka kemiskinan itu hampir merata di seluruh daerah perbatasan yang mencakup 12 provinsi atau 21 kabupaten/kota.

"Salah satu yang menjadi perhatian kami adalah bagaimana memperbaiki infrastruktur sekaligus konektivitas, bagaimana memperbaiki pelayanan dasar di daerah. Kemudian, menjamin kedaulatan negara itu terjamin dengan baik," ujar Gamawan yang juga Kepala BNPP.

Mendagri menegaskan, daya saing di daerah perbatasan juga masih rendah, yaitu 67. Padahal daya saing secara nasional sudah mencapai 70. "Pertumbuhan masih terus dipacu dan infrastruktur masih perlu diperbaiki. Ini akan melibatkan kementerian terkait, provinsi, dan kabupaten/kota," ujarnya.

Menurut Gamawan pula, ada 11 kecamatan prioritas yang akan dikembangkan tahun depan. Pada 11 kecamatan itu, diusahakan sudah akan tersedia semua fasilitas-fasilitas dasar masyarakat seperti air bersih, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

beritasatu dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook