Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ATASI KEMISKINAN DI WILAYAH PESISIR, KKP GULIRKAN BERBAGAI PROGRAM

kemiskinan-sapa-kemiskinanpesisir

SAPA - Tingginya angka kemiskinan di wilayah pesisir, menjadi perhatian serius pemerintah. Melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pemerintah telah menggulirkan berbagai program pemberdayaan dan kewirausahaan masyarakat untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di daerah. KKP juga terus memberikan dukungan anggaran baik dari APBN maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

Plt. Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Anang Noegroho, Senin (22/7) mengatakan, sejumlah program yang digulirkan pemerintah mengatasi kemiskinan di wilayah pesisir, antara lain Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN), Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP), Sertifikat Hak atas Tanah (SeHAT) Nelayan, Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) serta Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR).

KKP juga telah memberikan bantuan kapal perikanan, pengembangan dan rehabilitasi pelabuhan perikanan, pengembangan sistem perbenihan ikan, Rehabilitasi BBIP, pemantauan mutu benih, pengadaan sarana pemasaran bergerak, pembangunan depo pemasaran, pembangunan los pasar ikan serta pengadaan peralatan sistem rantai dingin.

Sejumlah kendala menjadi tantangan pembangunan sektor kelautan dan perikanan kedepan, diantaranya keterbatasan akses permodalan, konflik antar pelaku usaha serta keterbatasan penguasaan teknologi. Selain itu, daya saing industri dalam negeri masih lemah, degradasi lingkungan pesisir dan lautan serta perubahan iklim dan bencana alam, juga menjadi tantangan KKP.

Berbagai permasalahan tersebut justru harus menjadi pemacu untuk semakin menjalin harmoni, sinergi dan bekerja keras. Pemerintah Daerah, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat terus bahu membahu agar nelayan dan masyarakat kelautan dan perikanan semakin maju dan sejahtera.

Solar Nelayan Jadi Prioritas

Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masih berdampak pada para nelayan, apalagi BBM merupakan komponen terbesar sekitar 60%, sekali nelayan pergi melaut. Upaya yang dilakukan KKP untuk membantu nelayan, diantaranya berkoordinasi dengan Kementerian ESDM, BPH Migas dan Pertamina untuk menjamin ketersediaan dan kontinyuitas pasokan BBM bersubsidi bagi nelayan serta mengusulkan nomenklatur khusus BBM bersubsidi untuk nelayan.

Pemerintah tetap konsisten membantu nelayan untuk keluar dari kesulitan akibat kenaikan harga BBM. KKP pun telah mengambil langkah berkoordinasi dengan Kemenko Kesra dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memastikan nelayan miskin terdampak memperoleh Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Selain itu, KKP berkoordinasi dengan institusi terkait untuk mengijinkan nelayan membeli BBM di SPBU.

Kebijakan ini merupakan solusi bagi nelayan yang kesulitan untuk mendapatkan BBM bersubsidi. Kebijakan lain, KKP memfasilitasi konversi BBM ke BBG bagi kapal-kapal perikanan termasuk kerjasama pemanfaatan flare gas untuk kapal-kapal perikanan bekerjasama dengan Pertamina. KKP juga telah memberi bantuan kapal perikanan, alat tangkap dan alat bantu penangkapan ikan serta fresh money untuk mendukung usaha melalui progam PUMP (Pengembangan Usaha Mina Perdesaan).

KKP juga telah merumuskan kebijakan serta melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang diorientasikan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat. Diantaranya, meningkatkan daya saing perikanan melalui peningkatan produktivitas, efisiensi, kualitas produk, dan nilai tambah produk.

Kedua, mengembangkan dan meningkatkan pengawasan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan dan ketertelusuran produk hasil perikanan dan jaminan ketersediaan bahan baku ikan untuk konsumsi dan industri. Ketiga, mengembangkan sumber daya manusia kelautan dan perikanan serta meningkatkan penguatan iptek kelautan dan perikanan.

Sumber : kominfojatim dot go dot id
                                                         Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook