Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TINGKAT KEMISKINAN KARANGASEM DI ATAS NASIONAL

Data

SAPA - Tingginya intensitas pembangunan di Bali Selatan menimbulkan kecemburan para pemimpin daerah. Bupati Karangasem Wayan Geredeg mengakui, pembangunan di Bali belum merata, masih numplek di Bali selatan yakni di Denpasar dan Badung. Karena itu, pembangunan di Bali perlu dimeratakan, terutama ke wilayah Bali timur.

''Dolar berhamburan di Bali Selatan, sementara di Bali Timur masih ketinggalan. Mudah-mudahan kalau jadi pembangunan bandara baru, entah di Karangasem atau di Buleleng, Karangasem kena imbasnya,'' katanya saat pembukaan pameran terkait HUT RI di Karangasem, Minggu (11/8) malam di lahan stadion Karangasem.

Sementara Menko Kesra Agung Laksono menyoroti angka penduduk miskin di Karangasem prosentasenya masih di atas nasional yang mencapai 13 persen.

Terkait sorotan tersebut, Bupati Geredeg menyampaikan di depan Menko Kesra Agung Laksono, para pejabat dan masyarakat yang menonton pembukaan pameran pembangunan itu, bahwa angka penduduk miskin di Karangasem sudah menurun cukup besar. Dulu tahun 2005, angka penduduk miskin mencapai 42.767 KK. Kini sudah turun tinggal 17.000 KK atau sekitar 15 persen dari total penduduk yang jumlahnya 367.666 jiwa.

Sementara dari catatan, berdasarkan penerima beras miskin (Raskin) jumlah penduduk miskin atau rumah tangga miskin (RTM) dilaporkan 26.000 KK lebih. Sementara dari catatan penerima bantuan langsung sementara tunai (BLSM) mencapai 23.000 KK lebih.

Geredeg mengatakan, Karangasem potensial maju. Soalnya, pertanian pendukung pariwisata juga besar potensinya, di mana populasi sapi Bali juga cukup besar di Karangasem. Sementara, Menko Kesra Agung Laksono, mengatakan kalau memang populasi sapi Bali di Karangasem terbanyak di Bali hendaknya itu dikembangkan. ''Kalau populasi sapi di Karangasem tertinggi di Bali, harus dikembangkan. Bercita-citalah agar populasi sapi di Bali terbanyak di Indonesia,'' paparnya.

Menurutnya, impor daging sapi dari Australia selama ini, dalam rangka stabilitas persediaan daging sapi. Nantinya, kebutuhan akan daging sapi harus bisa dipenuhi dari hasil produksi peternak dalam negeri.

Terkait penurunan penduduk miskin di Karangasem, di lihat dari laporan Bupati Geredeg, Agung Laksono mengatakan, penurunan cukup signifikan melebihi penurunan rata-rata nasional. Namun dari segi rata-rata nasional, persentase penduduk miskin di Karangasem masih lebih tinggi karena angka penduduk miskin nasional sekitar 13 persen, sementara persentase penduduk miskin di Karangasem dilaporkan masih 15 persen.

balipost dot com
                                                                 Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - KALANGAN kepala desa (Kades) di Wonogiri mengakui...
MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook