Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN BELUM CAPAI TARGET

kemiskinan-pemiskinan-miskinkebumen

SAPA - Terdapat dua bidang sosial yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ciamis yang hingga saat ini masih belum tertuntaskan dengan optimal. Kedua bidang sosial itu yakni bidang jumlah kemiskinan dan pengangguran yang masih jauh dari capaian target.

Diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, Nurhastuti saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/8/2013), pada tahun keempat RPJMD Kabupaten Ciamis 2009-2014, jumlah prosentase kemiskinan di Kabupaten Ciamis secara makro mencapai 9,62 persen dan jumlah pengangguran mencapai 5,28 persen pada 2012 dari jumlah penduduk Kabupaten Ciamis sekitar 1,8 juta jiwa. Sedangkan target jumlah kemiskinan pada 2014 sebesar 6,97 persen dan pengangguran sekitar 4,25 persen.

"Memang dua sektor ini yang harus mendapat perhatian dan penganganan secara optimal. Kedua sektor ini paling berat dan harus ada komunikasi intensif dengan dinas-dinas terkait yang diselaraskakan dengan program pemerintah," kata Nurhastuti.

Meski masih ada beberapa bidang yang dianggap kurang optimal, diakui Nurhastuti, capaian target bidang lain yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Ciamis 2009-2014, cenderung terpenuhi, seperti di antaranya indeks pembangunan manusia sebesar 72,97 persen, pendidikan (82,58), rata-rata lama sekolah (7,67), angka melek huruf (98,31), indeks kesehatan (71,23), laju pertumbuhan penduduk (0,43), dan laju pertumbuhan ekonomi (4,99).

"Dalam evaluasi RPJMD tersebut, terdapat empat belas indikator makro yang kami tuangkan untuk mendukung peningkatan pembangunan di Kabupaten Ciamis," tuturnya.

Disinggung mengenai target pendapatan Pemerintah Kabupaten Ciamis pada 2014, berdasarkan laporan dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupetan Ciamis menargetkan sebesar Rp 95 miliar. Target tersebut meningkat dari target pendapatan pada tahun 2013 sebesar Rp 90 miliar.

pikiran-rakyat dot com
                                                      Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - KALANGAN kepala desa (Kades) di Wonogiri mengakui...
MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook