Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

16,6 JUTA PENDUDUK INDONESIA TERJEBAK KEMISKINAN ABSOLUT

kemiskinan-pemiskinan-miskinindonesia

SAPA - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) H.R. Agung Laksono menargetkan bahwa angka kemiskinan di Indonesia turun menjadi 7-8 persen pada 2014. Jika program PKH tidak digulirkan, ia khawatir angka kemiskinan naik menjadi 13 persen dari 11 persen saat ini.

Menko Kesra menambahkan, 16,6 juta masyarakat Indonesia terjebak dalam kemiskinan absolut. Keadaan ini membuat generasi penerusnya juga terperangkap dalam kemiskinan yang sama. "Bagaimana cara menghilangkan ini? Karenanya, pada 2014 Program Keluarga Harapan (PKH) akan menyasar 3,5 juta keluarga agar tali kemiskinan terstruktur dapat terputuskan," kata Menko Kesra.

Menurut Menko Kesra, PKH dapat membantu lima komponen tujuan MDG's, yakni pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, pendidikan dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita, serta pengurangan kematian ibu melahirkan. "Semoga dengan program ini tali kemiskinan struktural dapat terputuskan, para keluarga pun dapat menikmati akses pendidikan dan kesehatan, kesejahteraannya pun meningkat," katanya.

Menko Kesra mengungkapkan, jumlah kemiskinan di Indonesia sendiri saat ini masih 11,37 persen. Semoga pada akhir tugas KIB II, jumlah kemiskinan berada pada angka 7-8 persen dari total jumlah penduduk. Diharapkan pula, pertumbuhan ekonomi dan kesetiakawanan bisa berada di bawah 10 persen mendekati secara global, seperti kesepakatan negara-negara dalam MDG's

Karenanya, lanjut Menko Kesra, seluruh pihak, baik masyarakat, Pemerintah, dunia usaha, dan LSM harus saling bergandengantangan mengentaskan kemiskinan. Jika berpikir dan mencari jalan keluar dari kemiskinan dilakukan secara bersama-sama, upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat pun akan terwujud.

"Kita tidak boleh menyerah begitu saja. Kalau ada semangat dan memiliki sedikit keahlian, akan berubah nasibnya. Bagaimana pun, budaya kita yang terkenal dengan budaya gotong-royong harus menjadi penyemangat," tegas Menko Kesra.

Terpisah, Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sujana Rojat mengatakan, saat ini pihaknya menggelarnya Hari Kesetiakawanan Nasional (HKN) Expo. Kegiatan ini, selain dapat mengentaskan kemiskinan absolut, juga diharapkan dapat menghilangkan kemiskinan mental dan keyakinan.

"Peran dunia usaha dalam membangun kesetiakawanan sosial sangat penting dan diharapkan, melalui berbagai program yang digulirkan dunia usaha, dapat meningkatkan keahlian masyarakat sehingga kesejahteraannya pun meningkat," katanya. HKN Expo 2013 selain berisi workshop juga memamerkan produk-produk kerajinan tangan hasil binaan kementerian, instansi, dan dunia usaha.

sayangi dot com
                                              Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN DAN INVESTASI JADI PR BANJARNEGARA

KEMISKINAN DAN INVESTASI JADI PR BANJARNEGARA

SAPA INDONESIA - KABUPATEN Banjarnegara akan memasuki era baru...
EKONOMI RI TUMBUH, TAPI TANTANGANNYA PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN

EKONOMI RI TUMBUH, TAPI TANTANGANNYA PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEREKONOMIAN Indonesia relatif stabil di tengah...
PENGENTASAN KEMISKINAN JADI PRIORITAS RPJMD SOPPENG

PENGENTASAN KEMISKINAN JADI PRIORITAS RPJMD SOPPENG

SAPA INDONESIA - BUPATI Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengimbau...
PAKAI DANA DESA UNTUK PRIBADI, KADES DI SUKABUMI INI DITAHAN

PAKAI DANA DESA UNTUK PRIBADI, KADES DI SUKABUMI INI DITAHAN

SAPA INDONESIA - POLISI mengamankan AS, Kepala Desa Sukaresmi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook