penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN TINGGI KARENA DATA TIDAK AKURAT

Data

SAPA - Masih tingginya angka kemiskinan diperkirakan akibat berbagai penyebab yang melatarbelakanginya. Di antaranya, data base warga miskin yang tak akurat. Karena program pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan telah digalakkan baik dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Dikutip dari website Pemprov Jateng, Kasubbid Kependudukan dan Keluarga Berencana pada Bapeda Provinsi Jateng Arif Budianto mengungkapkan, berdasarkan data statistik 2013, pembangunan ekonomi Jateng pada posisi 6,1, angka kemiskinan 14,56 (4,27 juta jiwa), pengangguran terbuka naik dari 5,63, menjadi 6,02.

"Kemiskinan meliputi multidimensi. Untuk itu penanggulangan kemiskinan hendaknya dilakukan secara multi sektoral. Sayangnya tiap-tiap sektor mendefinisikan kemiskinan berbeda-beda tergantung kebutuhan mereka," katanya.

Di sisi lain menurut dia, hingga saat ini belum ada data kemiskinan yang akurat. Data yang selama ini digunakan menggunakan hasil pendataan BPS, di mana perolehan data hanya berdasarkan sampel per blok. Bukan dilakukan sensus.

"Sehingga ketika butuh data nama dan alamat masyarakat miskin, tidak akan ditemukan. Banyak masyarakat yang mengaku miskin tetapi tidak masuk data, dan sebaliknya. Sehingga banyak yang mengatakan program tidak tepat sasaran," ujarnya.

Ketidaktepatan sasaran, menurutnya, ada beberapa faktor penyebab. Di antaranya, perbedaan pendapat siapa yang berhak dan yang tidak. Diakui terdapat kesalahan data. Apalagi data yang dipakai hasil pendataan BPS 2011 lalu, padahal perkembangan kehidupan setiap hari bisa berubah.

Sadiman Al Kundarto, praktisi sosial dari Semarang mengungkapkan, Indonesia kaya akan potensi, namun ironisnya angka kemiskinan tingi. Penyebabnya menurut dia, masih banyak penduduk miskin, karena masyarakatnya kurang bersukur dan komitmennya rendah.

murianews dot com
                                                          Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook