penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN KOTA TASIKMALAYA MASIH TINGGI

kemiskinan-pemiskinan-kota-tasikmalaya

SAPA - Angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya ternyata masih tinggi. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012, tercatat 123.400 warga masih terbelit kemiskinan. Meski mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun, namun angka tersebut tergolong besar terutama di wilayah Jawa Barat.

"Kami sudah melakukan ber­bagai upaya dan intervensi de­ngan beberapa program kepada warga yang masih miskin. Na­mun masih banyak keterbatasan, makanya diperlukan bantuan dari seluruh pihak termasuk swasta," Wakil Wali Ko­ta Tasik­malaya, Dede Sudrajat, di sela-sela peluncuran Gerakan Mas­yarakat Sejahtera Bersama Mitra untuk Penanggulangan Kemis­kinan di Hotel Mahkota, Senin (30/12/2013).

Pemkot Tasikmalaya, kata dia, sudah melakukan beberapa program penanggulangan ke­mis­kinan, seperti bantuan sosial ber­basis keluarga, lalu pemberdayaan masyarakat, usa­ha mik­ro dan kecil serta peningkatan program pro-rak­yat.

"Setelah ka­mi verifikasi di lapangan memang warga yang berada dalam garis kemiskinan masih ditemukan," katanya.
"Makanya CSR (Coorporate Social Responsibilty) dari perusahaan kami coba arahkan ke­pada rumah tangga sasaran. Se­hingga penanggulangan ke­mis­kinan tidak hanya dari pemerintah saja," katanya menam­bahkan.

Menurut Kepala Bappeda Ko­ta Tasikmalaya, Achdiyat, para­digma pembangunan sendiri terdapat perubahan. Pemerin­tah hanya sebagai fasilitator sa­ja, sedangkan pemangku kepen­tingan seperti swasta dan ma­sya­rakat juga ikut berpartisipasi.
"Dalam hal ini, kami mengoptimalkan CSR perusahaan un­tuk menekan angka kemiskin­an," katanya.

Pelaksanaan CSR di Kota Ta­sikmalaya sendiri, kata dia, be­lum semua perusahaan yang melakukan. Adapun yang su­dah, masih bersifat parsial, dan be­lum tepat sasaran. "Pada da­sar­nya kami tidak mengelola, ha­nya memberikan arahan bah­wa masyarakat ini yang harus di­bantu. Kita berikan daftarnya, mau membantu yang mana," katanya.

"Ada beberapa bidang, pendidikan misalnya beasiswa un­tuk pelajar. Kesehatan bantuan untuk balita gizi buruk, sosial seperti pembinaan dan pelatihan bagi anak jalanan, permukiman misalkan untuk merenovasi ru­mah tidak layak huni. Dan masih banyak lagi," katanya.

kabar-priangan dot com
                                                           Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KALAU ADA PENYELEWENGAN DANA DESA, LAPOR KE SINI!

KALAU ADA PENYELEWENGAN DANA DESA, LAPOR KE SINI!

SAPA INDONESIA - DANA desa tak boleh diselewengkan. Karena...
JOKOWI MINTA DANA DESA DIPAKAI UNTUK BUKA LAPANGAN PEKERJAAN

JOKOWI MINTA DANA DESA DIPAKAI UNTUK BUKA LAPANGAN PEKERJAAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo meminta penggunaan dana...
DANA DESA CAPAI PULUHAN TRILIUN, SRI MULYANI: HASILNYA BELUM MAKSIMAL

DANA DESA CAPAI PULUHAN TRILIUN, SRI MULYANI: HASILNYA BELUM MAKSIMAL

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui,...
PEMERINTAH AKAN NAIKKAN DANA DESA UNTUK WILAYAH INI

PEMERINTAH AKAN NAIKKAN DANA DESA UNTUK WILAYAH INI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH akan melakukan reformulasi alokasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook