penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

NAIKNYA JUMLAH PENDUDUK MISKIN AKIBAT PENGANGGURAN

Penanggulangan Kemiskinankemiskinan-pemiskinan-angkatan-kerja

SAPA - Tingginya pengangguran di Sulsel dalam 10 tahun terakhir yang mencapai 12 persen memicu peningkatan penduduk miskin. Dari enam juta penduduk Sulsel, pengangguran mencapai 120 ribu jiwa. BPS Sulsel merilis jumlah penduduk miskin mencapai 857.045 jiwa pada periode Maret hingga September 2013.

Pengamat Ekonomi Unhas, Muh Yusri Zamhuri mengatakan tingginya pertumbuhan ekonomi yang didorong Penanaman Modal Asing (PMA) tidak berdampak langsung pada pengurangan angka kemiskinan.

"Saya mengambil kasus di Papua, daerah ini memiliki PMA yang tinggi pada sektor pertambangan tetapi tingkat kemiskinannya juga tinggi," ujar Yusri pada Brief Notes for Eastern Indonesia, Regional Disparities Economic di Wisma Kalla, Kamis 9 Januari.

Menurutnya, PMA yang tinggi hanya bias terhadap tenaga kerja lokal dan tidak terkait pada sektor kegiatan ekonomi lokal. Implikasi ekonomi KTI didominasi sektor primer dan sektor tersier.

"Faktor lainnya tentu dipicu kualitas sumber daya manusia (SDM) yang rendah sehingga tidak terjadi pemerataan ekonomi," tambah Yusri.
Ekonom lain, Abdul Rahman Farisi mengatakan untuk mengatasi kesenjangan ekonomi di KTI, pemerintah harus berpihak pada pengembangan industri manufaktur yang berbasis sumber daya lokal.

"Kebijakan relokasi dan industri baru yang berbasis sumber daya lokal harus terus didorong. Tentunya kebijakan ini harus didukung infrastruktur listrik, transportasi, dan energi," ujarnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah I Sulampua, Suhaedi mengatakan pihaknya gencar mendorong perbankan menyalurkan kredit agar ekonomi KTI terus tumbuh. Indikator kenaikan jumlah penduduk miskin karena tidak diimbangi peningkatan pendapatan.

"Seharusnya industri padat karya lebih banyak agar berkontribusi terhadap masyarakat. Walaupun daerah terdapat industri besar, tidak serta merta mengangkat ekonomi masyarakat," ujarnya.

fajar dot co dot id
                                                      Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook