penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEMISKINAN MENGHAMBAT INDONESIA MENJADI KEKUATAN EKONOMI BARU DUNIA

Penanggulangan Kemiskinankemiskinan-pemiskinan-miskinindonesia

SAPA - Indonesia bersama dengan tiga negara lainnya yaitu Nigeria, Turki dan Meksiko disebut-sebut bakal menjadi negara kekuatan ekonomi baru dunia pada 30-40 tahun mendatang. Kajian ini dicetuskan oleh Jim O'Neill dengan istilah MINT (Meksiko, Indonesia, Nigeria, Turki).

Dasar pemikirannya adalah banyaknya populasi muda angkatan kerja dari empat negara tersebut. Kemudian, posisi negara yang sangat strategis serta SDM yang melimpah.

Jim O'Neill adalah mantan eksekutif Goldman Sachs periode 2001 yang juga memperkenalkan istilah BRIC yaitu Brazil, Rusia, India dan China. Empat negara ini dalam beberapa tahun ke belakang menjadi kekuatan ekonomi baru sekaligus memberi pengaruh bagi perekonomian dunia.

Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan kajian dari Jim memang masuk akal. Empat negara yang disebutkan, selain mempunyai kesamaan demografi juga mempunyai size ekonomi yang sudah besar saat ini.

"Kalau saya liat dari empat negara itu salah satu didukung penduduk yang besar," ucap Bambang di Bappenas, Jakarta, Kamis (9/1) malam.

Namun demikian, menurut Bambang, empat negara ini juga mempunyai masalah sama yaitu kemiskinan dan kesenjangan sosial yang tinggi. Bambang menyebut, salah satu negara MINT yaitu Nigeria, kemajuan penyelesaian masalahnya masih jauh tertinggal dibanding Indonesia.

"Cuma keempat negara itu punya problem struktural yang sama, kemiskinannya belum bisa dibilang kecil, kesenjangannya masih besar, apalagi Nigeria itu masih jauh, services dan infrastrukturnya masih jauh sekali. Kalau saya melihat penggolongannya berdasarkan potensi," jelasnya.

Bambang mengakui masih banyak pekerjaan rumah pemerintah untuk menjadikan Indonesia negara kekuatan ekonomi baru pada 30-40 tahun mendatang seperti kajian Jim O'Neill. Salah satunya adalah masalah infrastruktur.

"Terus terang kita butuh kerja keras untuk menjadi negara maju di masa datang. Indonesia jelas banyak, infrastruktur kita masih ketinggalan, kualitas SDM masih harus diperbaiki anggaran harus dirapihin pokoknya kami perlu transformasi struktural," tutupnya.

merdeka dot com
                                                                 Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

SAPA INDONESIA - PROGRAM Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi...
CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN wilayah pedesaan dalam program...
RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

SAPA INDONESIA - RATUSAN desa di Pamekasan belum memiliki badan...
DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook