penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PKH BELUM DINIKMATI RIBUAN WARGA KAB BANDUNG

PENANGGULANGAN KEMISKINAN


kemiskinan-pemiskinan-pkh1

SAPA - Sekitar 38.066 Keluarga miskin di Kabupaten Bandung Barat masih belum menikmati program keluarga harapan (PKH). Hal tersebut dikarenakan proses seleksi penerima manfaat bagi keluarga sangat miskin yang mempunyai anak usia sekolah atau ibu hamil itu diproses berdasarkan data yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Dinas Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Barat, Neni Handayani, mengatakan untuk tahun 2013 jumlah rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang tercover PKH di Bandung Barat sebanyak 24.565 RTSM. Jumlah RTSM sebanyak itu berdasarkan data yang diberikan oleh BPS kepada Kementerian sosial dan dinyatakan melalui SK dari Kementerian sebagai rumah tangga penerima bantuan PKH.

"Memang menurut data yang kami punya sebenarnya keluarga miskin yang mempunyai anak sekolah SD dan atau SMP juga keluarga miskin yang mempunyai ibu hamil jauh lebih tinggi dari penerima PKH sesuai dengan kriteria miskin menurut BPS," kata Neni, Senin (13/1).

Diungkapkannya, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, jumlah keluarga miskin di Bandung Barat berdasarkan data sementara ada 62.631 kepala keluarga. Namun, karena perbedaan kriteria miskin antara data pemerintah daerah dengan BPS, membuat 38 ribu lebih KK masih belum tercover oleh PKH.

Neni mengaku, tidak mengetahui indikator yang dipakai oleh BPS sehingga sebuah keluarga dikatakan miskin.

"Kurang tahu indikator yang dipakai oleh BPS itu seperti apa, yang jelas kami hanya mengamankan penerima manfaat PKH sesuai yang kami terima saja dari Kementerian. Memang ada juga warga yang protes karena tidak menerima bantuan, tapi kami tidak mempunyai kewenangan, soalnya kami hanya menerima data penerima dari Kementerian, kami inginnya semua juga menerima," katanya.

Disinggung mengenai jumlah penerima manfaat PKH berdasarkan orang, Neni menyebutkan tidak bisa mengungkapkan datanya, pasalnya data tersebut sangat rahasia dan tidak boleh dikemukakan kepada publik.

"Hanya jumlah RTSM saja yang bisa kami keluarkan, memang sebenarnya penerima manfaat sesuai dengan nama kami punya, tapi ada aturan dari kemensos, sehingga tidak bisa mengeluarkan data orang harus ada izin dari kemensos," ujarnya.

Lebih lanjut Neni mengatakan, dari 24.565 RTSM yang meneruma bantuan PKH se Kabupaten Bandung Barat, Kecamatan Cipongkor meurpakan Kecamatan paling banyak penerima bantuan, dimana di Kecamatan tersebut ada 2.756 RTSM yang menerima bantuan, disusul oleh Cipatat 2.563 RTSM dan Cihampelas 2.061 RTSM. Sementara, Kecamatan yang paling sedikit menerima bantuah PKH adalah Kecamatan parongpong yang hanya 603 RTSM saja yang menerima bantuan.

"Memang wilayah selatan yang paling tinggi, mungkin karena tingkat pendidikannya yang rendah, ekonominya yang kurang juga akses ekonomi yang sedikit terhambat karena akses yang jauh sehingga masih banyak warga yang berada dibawah garis kemiskinan," ucapnya.

Sementara untuk 2014, pihak Dinsosnakertrans, masih melakukan penunggu hasil validasi di Kemenerian.

kabarcerah dot com
                                                    Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook