Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN DKI JAKARTA TERENDAH SE INDONESIA

miskin4

sapa.or.id - Angka kemiskinan DKI Jakarta per September 2011 sebesar 3,75% dan pada bulan Maret 2012 turun menjadi 3,69%. Angka kemiskinan tersebut terdendah se Indonesia, dikuti oleh provinsi Bali, Kalimantan Selatan dan Bangka Belitung. Meskipun prosentase angka kemiskinan Provinsi DKI Jakarta relative rendah, namun jumlah penduduk miskinnya masih mencapai 286.075 KK atau ± 1,2 juta jiwa.

Menurut Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), angka kemiskinan di bawah 5% sudah masuk wilayah inti (hard core poverty) sehingga akan sangat sulit diturunkan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus secara terus menerus mencari terobosan guna mengurangi atau mengentaskan penduduk miskin.

Saat ini berbagai program penanggulangan kemiskinan telah digulirkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dari program yang berbasiskan bantuan langsung kepada masyarakat, usaha kecil menengah, pemberdayaan masyarakat sampai upaya menjaring peran serta masyarakat / swasta melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

Keseluruhan program penanggulangan kemiskinan dikoordinasikan oleh Tim Koordinasi Penangggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi DKI Jakarta. Dalam pelaksanaanya, koordinasi pencapaian program-program penangggulangan kemiskinan dilaksanakan oleh kelompok program (klaster) yang terdiri dari 4 klaster, yaitu : (1). klaster 1, yaitu klaster Bantuan Sosial Terpadu Berbasis Keluarga; (2). klaster 2, yaitu klaster Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan; (3). klaster 3, yaitu Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro dan Kecil; serta (4). Klaster 4, yaitu klaster pendukung.

Adapun program-program unggulan Pemprov DKI Jakarta di bidang penanggulangan kemiskinan, antara lain :

  1. Jaminan Pelayanan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK GAKIN);
  2. KB Gratis bagi Keluarga Miskin;
  3. Bantuan Biaya Pemakaman bagi Keluarga Miskin;
  4. Pemberian Beasiswa Rawan Putus Sekolah (RPS) bagi siswa miskin;
  5. Penataan RW Kumuh;
  6. Koperasi Jasa Keuangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (KJK PEMK) bagi usaha mikro dan kecil;
  7. Pelatihan Keterampilan dan pembentukan kelompok Wira Usaha Baru (WUB) bagi para pencari kerja dan penganggur.

Dalam upaya menurunkan angka kemiskinan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga secara terus menerus mengkaji dan melakukan penyempurnaan terhadap program-program penanggulangan kemiskinan yang sudah ada. Di bawah kepemimpinan Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahya Purnama, dalam waktu dekat akan diluncurkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJB). Dengan KJS tersebut, penduduk miskin di DKI Jakarta, bila sakit akan dirawat di rumah sakit yang ditunjuk secara gratis. Begitu juga KJP. Dengan kartu tersebut, anak sekolah yang berasal dari keluarga mikin, selain gratis biaya sekolah yang dibiayai melalui Biaya Operasional Pendidikan (BOP) juga akan mendapat bantuan biaya personal yang dapat digunakan untuk transport, seragam, tas, alat tulis, dsb.

Melalui program-program tersebut, diharapkan masyarakat akan mendapat pelayanan yang lebih baik, dan pada akhirnya angka kemiskinan DKI Jakarta dapat diturunkan.

 

(Kang Agus, 2012)

Sumber : belantarajakarta dot wordpress dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook