Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEMISKINAN PICU MASALAH KESEHATAN DI BANDUNG BARAT

kemiskinan-sapa-bandungbarat

SAPA - Pemkab Bandung Barat mengalokasikan anggaran 11,7% atau sekitar Rp9 miliar dari total kebutuhan Rp82,3 miliar di APBD 2012 untuk mengatasi permasalahan kesehatan di wilayah tersebut.

Kasubag Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung Barat Chilyatun Nisa mengatakan permasalahan kesehatan di Bandung Barat mayoritas dipicu rendahnya kesadaran masyarakat akibat kemiskinan yang membelenggu.

"Ini bukan masalah Dinskes atau Disdikpora, semua intansi harus bertanggungjawab. Meski demikian kami harus akui pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak masih belum maksimal," katanya kepada wartawan Minggu (18/11).

Dia menyebutkan, angka kemskinan di KBB mencapai 16,4% dari total penduduk 1,8 juta jiwa. Angka kemiskinan sebesar itu lebih tinggi dari pada angka kemiskinan rata-rata Jabar yang mencapai 15,5%.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KBB, Adang Syafaat menambahkan upaya lain yang dilakukan pemda dalam mengatasi kemiskinan dengan mengajukan bantuan Rp54 miliar ke pusat agar setiap keluarga miskin yang mencapai 27.000 KK mendapatkan bantuan sebesar Rp2,2 juta/tahun dari 2012-2018.

"Nama programnya PKH yang merupakan program pengentasan kemiskinan yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) KBB kepada Kementerian Sosial. Melalui program itu diharapkan angka keluarga miskin di KBB bisa terus berkurang. Saat ini angka keluarga miskin dan sangat miskin di KBB mencapai sekitar 100.000 keluarga," ujarnya.

Dikatakannya, Pemkab Bandung Barat mengajukan permohonan bantuan untuk sekitar 27.000 keluarga yang masuk kategori miskin dan sangat miskin. Angka itu pun telah disetujui oleh pemerintah pusat. Namun, jumlah angka yang diajukan Pemkab tersebut tetap akan divalidasi dan dilakukan verifikasi oleh pemerintah pusat.

"Tapi harapan kami, jumlah penerima bantuannya tidak akan bergeser jauh dari angka yang kami ajukan itu," paparnya.(k6/fsi)

 

bisnis - jabar dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook