Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DI PROVINSI KAYA SUMBERDAYA ALAM INI, WARGA MISKIN TAMBAH BANYAK

penanggulangan-kemiskinan-kaltara

SAPA - PERSENTASE angka kemiskinan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ternyata merangkak naik. Hal ini terungkap dalam kegiatan pertemuan kemiskinan daerah Provinsi Kaltara yang digelar di Kantor Gubernur, Jalan Kolonel Soetadji, Rabu (4/2/2015).

Sejatinya Provinsi Kaltara memiliki potensi sumberdaya alam melimpah. Seperti cadangan emas, batubara, migas, batu gamping, dan mineral lainnya.

Kepala Bappeda Kaltara Frederick Ellia melalui Kepala Bidang Sosial dan Budaya Bappeda, Timbul Sibarani menyebutkan, di Bulungan misalnya pada 2013 angka kemiskinan hanya sebesar 11,73 persen, di tahun 2014 naik menjadi 12,04 persen dari jumlah penduduk.

Sementara Kabupaten Nunukan, Tana Tidung dan Kota Tarakan juga merangkak naik masing-masing menjadi, 9,51 persen, 10, 21 persen, dan 7,90 persen dari tahun sebelumnya. (BACA: Tingkat Kemiskinan Dinamis, Tak Ada yang Menjamin Besok Masih Kaya)

Hal berbeda terjadi di Kabupaten Malinau. Jika tahun 2013 presentase angka kemiskinan di daerah yang cukup terkenal dengan program Gardema tersebut sebesar 11,68 persen, tahun 2014 malah turun menjadi 10,48 persen. Kendati demikian, presentase kemiskinan di Kabupaten Malinau 10,48 persen masih berada di atas rata-rata nasional yakni 10,25 persen, bersama dengan Kabupaten Bulungan sebesar 12,04 persen.

Timbul Sabarani juga mengungkapkan, berdasarkan presentase yang ada maka dapat diperkirakan jumlah penduduk miskin di Provinsi Kaltara jumlahnya kurang lebih 54.900 jiwa, di mana di Malinau terdapat lebih kurang 7.200 jiwa, Bulungan 14.200 jiwa, Nunukan 14.900 jiwa, Tana Tidung 1.900 jiwa, dan Kota Tarakan lebih kurang sebanyak 16.700 jiwa.

"Presentase keseluruhan angka kemiskinan di Kaltara mencapai 9,84 persen dari jumlah penduduk keseluruhan di lima kabupaten/kota sampai saat ini mencapai 723.005 jiwa. Tetapi Data ini masih merupakan data Kaltim, karena kami belum memiliki data pilah dari Kaltim mengenai angka kemiskinan ini," sebutnya, ketika dikonfirmasi Tribunkaltim.co usai pertemuan.

Bappeda Kaltara sendiri aku Timbul Sibarani belum mengetahui pasti meningkatnya angka kemiskinan di Kaltara.

"Saya juga bingung kenapa pada tahun 2014 mengalami kenaikan. Kalaupun drilis pada September 2014, angka ini belum terkena faktor kenaikan bahan bakar minyak (BBM), karena BBM naik bulan Oktober 2014. Jadi belum ada kontribusi kenaikan BBM dengan kenaikan tingkat kemiskinan," ujarnya.

Ia hanya mensinyalir angka kemiskinan dipengeruhi oleh jumlah penduduk Kaltim yang di dalamnya mencakup lima kabupaten/kota di Kaltara, semakin meningkat. Secara keseluruhan kata Timbul, Provinsi Kaltim mengalami kenaikan penduduk miskin dari tahun 2013 sebesar 6,06 di tahun 2013 menjadi 6,38 di tahun 2104 (data lima kabupaten/kota di Kaltara masih diakumulasikan dengan kabupaten/kota di Kaltim).

Menghadapi kondisi ini, Pemprov Kaltara lanjutnya melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Kaltara berjanji untuk bekerja maksimal dalam upaya penanggulangan kemiskinan, baik melalui penanggulangan kemiskinan berbasis keluarga, pemberdayaan masyarakat, pengembangan usaha ekonomi mikro, dan usaha penanggulangan lain yang diatur dalam undang-undang.

kaltim dot tribunnews dot com
                                                                    Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan

Terpopuler

Terbaru

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SAPA INDONESIA - DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah...
JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan...
161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 161 desa di Wonogiri belum memenuhi...
DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Menteri Keuangan Mardiasmo melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook