Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERLAMBATAN PENGENTASAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-agunglaksono

SAPA - Upaya penurunan jumlah penduduk miskin memang membuahkan hasil meski masih berjalan lamban. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, peduduk miskin di Indonesia per Febuari 2004 sebanyak 36,1 juta jiwa (16,6 persen). Sementara pada Maret 2012 jumlahnya mengerucut jadi 29,13 juta jiwa (11,96 persen).

Namun dari tahun ke tahun laju pengentasan orang miskin kian melambat. BPS mencatat pada 2008-2009 angka kemiskinan berkurang 2,5 juta jiwa. Semenjak 2009-2012, rata-rata pengurangan menjadi turun dengan satu hingga 1,5 juta jiwa per tahun.

Perlambatan tentu kontras dengan kucuran anggaran bagi penanggulangan kemiskinan dari APBN yang selalu bertambah tiap tahunnya. Jika pada 2004 anggaran penanggulangan kemiskinan sebesar Rp374 triliun, maka pada 2012 anggaran melonjak delapan kali lipat menjadi Rp1.548 triliun.

Berkenaan dengan keadaan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono membenarkan adanya perlambatan dalam program penanggulangan kemiskinan. Perlambatan ini, katanya, mengancam target pemerintah yang menetapkan angka kemiskinan hanya delapan persen di 2014.

"Saat ini per tahun penurunan kemiskinan hanya sekitar 0,8 persen. Padahal kalau ingin mencapai target delapan persen, rata-rata penurunan kemiskinan harus satu persen," ujar Menko Kesra melalui surat elektronik yang diterima, Senin (24/12) kemarin.

Agung berdalih, penurunan kemiskinan mengalami perlambatan lantaran Indonesia banyak dilanda bencana alam sepanjang tahun ini. Selain itu perubahan iklim yang ekstrem juga menyebabkan beberapa wilayah mengalami gagal panen.

Berkenaan dengan melandainya laju grafik penurunan kemiskinan, Menkokesra mengatakan pemerintah telah melakukan sejumlah langkah percepatan untuk menekan laju pertumbuhan kemiskinan. Dengan sejumlah langkah percepatan ini, dirinya optimis diakhir 2012 angka kemiskinan sudah berada di bawah 10 persen.(MI/TII)

 

metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook