Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGGARAN PENGENTASAN KEMISKINAN INDONESIA TERMAHAL DI DUNIA

kemiskinan-sapa-anggarantermahaldiduniaSAPA - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2011 tercatat penduduk miskin di Indonesia berjumlah 29,89 juta jiwa (12,36 %). Artinya pengentasan satu kepala senilai Rp.86 juta.

Hitung-hitungannya adalah dengan anggaran Rp.86 triliun pada 2011 yang tersebar di 27 Kementerian. "Ternyata hanya satu juta orang yang berhasil dientaskan dari garis kemiskinan dari program yang dianggarkan," kata Anggota Komisi VIII DPR Muhammad Baghowi.

Baghowi mengatakan seandainya pengeluaran satu keluarga lebih dari satu dolar itu sudah tidak miskin. Kalau 91 dolar itu berarti take home pay-nya setiap hari Rp.300 ribu, lebih tinggi dari penghasilan PNS. Salah satu Kementerian yang menangani masalah kemiskinan, yaitu Kementerian Sosial dengan Program Keluarga Harapan sudah menjangkau 1,5 juta rumah tangga sasaran, ditambah lagi dengan program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni dan Kelompok usaha bersama.

"Itu baru di Kementerian Sosial, ini ada 57 program dan kegiatan. Kalau itu cuma bisa mengentaskan kemiskinan satu juta orang ini merupakan pengentasan kemiskinan termahal di dunia," kata Baghowi.Ia menduga koordinasi yang kurang baik antara kementerian dan lembaga dalam penanganan kemiskinan mengakibatkan rendahnya capaian pengentasan kemiskinan. "Saya menduga koordinasi antar kementerian lembaga belum terkoordinasi dengan baik," kata anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat tersebut.

Ia menduga ada sesuatu yang kurang tepat dalam upaya pengentasan kemiskinan. "Bisa jadi disebabkan kurang tepatnya program, ataukah sasaran atau sebetulnya program sudah berjalan tapi koordinasi antar Kementerian dan Lembaga yang belum baik," kata dia. Pada indikator kemiskinan, Kementerian Sosial memegang peranan besar untuk pencapaian targetnya karena tugas Kementerian tersebut adalah menangani orang miskin. Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Hartono Laras mengatakan, pada 2012 anggaran untuk program pengentasan kemiskinan meningkat menjadi sebesar Rp.94 triliun. Ia meminta dana tersebut lebih difokuskan terutama dengan adanya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin yang mengamanahkan Kementerian Sosial sebagai "leading sector".

Menurutnya di Kementerian Sosial, anggaran yang ada masih sangat kecil sementara sebagian besar program yang dilaksanakan adalah untuk pengentasan kemiskinan. "Jadi berilah tugas Kepada kemensos untuk secara fokus menangani fakir miskin, tentunya dengan dukungan anggaran yang memadai," tambah Hartono Laras.


Sumber : 108csr dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook