Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKOT PADANGPANJANG TARGETKAN ANGKA KEMISKINAN TURUN 6 PERSEN

kemiskinan-sapa-edwinwawalikotapdgpjgSAPA - Angka kemiskinan di Kota Padangpanjang ditargetkan turun di bawah 6 persen pada Tahun 2013 ini.

"Penekanan di bawah enam persen tersebut target yang sudah ditetapkan bersama pihak eksekutif dan legislatif pada tahun ini," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang, Edwin, di Padangpanjang.

Dia mengatakan, untuk mencapai target yang ditetapkan tersebut, Pemkot Padangpanjang melakukan berbagai upaya mulai dari bantuan melalui berbagai program seperti bedah rumah, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan keterampilan, memfasilitasi penyediaan lapangan pekerjaan dan lainnya.

"Sedangkan dari Badan Amil Zakat (BAZ), direncanakan akan membantu modal usaha sebagaimana program prioritasnya 2013 dan disesuaikan dengan kebutuhan penerima," kata dia.

Untuk bedah rumah dari 150 rumah yang tidak layak huni, direncanakan sebanyak 100 unit di antaranya sudah dialokasikan dananya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Sementara 50 unit lagi dari dana bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perkotaan," kata dia.

Sedangkan untuk lapangan pekerjaan, dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padangpanjang sudah membuat terobosan baru untuk menekan angka pengangguran dan menciptakan peluang kerja melalui kerja sama dengan Badan Ketenagakerjaan On-Line (BKOL) Dirjen Binapenta Menakertrans.

Melalui dukungan BKOL tersebut, Dinsosnaker dapat melaporkan data dan jumlah pencari kerja ke Menakertrans sekaligus bisa memfasilitasi peluang pasar kerja yang tersedia, baik dalam maupun luar negeri.

Kemudian, lanjut dia, pemkot melakukan pengembangan sentra-sentra industri, seperti sentra industri kulit, industri produk susu sapi beserta ikutannya, makanan ringan dan bordir, tanaman hias dan sebagainya.

"Kesemuanya itu menjadi wadah bagi masyarakat miskin dan tenaga kerja menganggur untuk berusaha sesuai dengan bekal pendidikan dan pelatihan yang telah diberikan," katanya.

Program selanjutnya, akses permodalan berbagai pinjaman lunak dan tanpa bunga telah digulirkan melalui dinas terkait, antara lain, KUBE, kumanis, UED-SP, dana revolving, dan KUR.

"Target kita sampai akhir 2013, masyarakat miskin tidak ada lagi di Padangpanjang ini, sehingga tidak ada lagi warga yang menderita karena kemiskinan," katanya.

Selain peranan pemerintah, pengembangan keswadayaan masyarakat juga penting seperti inisiatif dari bawah, yang berasal dari masyarakat, juga diperlukan.

Di Padangpanjang angka kemiskinan saat ini ada tiga tingkatan mulai dari hampir miskin, miskin dan sangat miskin dengan jumlah keseluruhannya mencapai sekitar 2.300 lebih kepala keluarga.


Sumber : Antara dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook