Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TUJUH KAB/KOTA DI SOLO RAYA BELUM TERSALUR RASKIN

kemiskinan-pemiskinan-raskin1

SAPA - Tujuh kabupaten/kota di wilayah Solo Raya belum bisa tersalurkan beras untuk keluarga miskin (raskin) dari Bulog Subdivre III Solo. Meski sejak 8 Januari lalu pagu raskin tahun ini sudah dikeluarkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini terjadi karena belum satu pun pemerintah daerah (pemda) di wilayah tersebut yang mengajukan alokasi raskin ke Bulog.

"Belum ada satu pun pemda di Solo Raya yang meminta permohonan alokasi raskin sampai pertengahan Januari ini. Sehingga, meski barangnya ada di gudang Bulog, ya belum bisa dikeluarkan," ungkap Kepala Bulog Subdivre III Solo Edhy Rizwan di Solo, Jumat (18/1).

Menurut dia, belum adanya permintaan alokasi raskin dari pemda, karena Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) belum mengeluarkan data berdasarkan by name by adress. Data itu jika sudah ada dipastikan segera sampai ke gubernur, yang akan meneruskan ke bupati/wali kota.

Rizwan meyakini, jika data dari TNP2K sudah turun, tentu pemda akan secepatnya mengirimkan alokasi raskin kepada Bulog, yang selanjutnya akan memerintahkan gudang untuk menyalurkan raskin secepatnya. "Soal jatah RTS (rumah tangga sasaran) penerima raskin sama, yakni 15 kg per KK dengan pembelian seharga Rp1.600/kg," imbuhnya.

Yang jelas dari pagu raskin yang dikeluarkan Pemprov Jawa Tengah, dari tujuh kabupaten/kota di wilayah Solo Raya itu, Kabupaten Wonogiri mendapat jatah raskin masih sama dengan jatah 2012, yakni 12.702,2 ton untuk 70.569 RTS. Sementara untuk enam kabupaten/kota lainnya jatah dipangkas turun hingga 16%-17%.

Sejauh ini, Bulog Subdivre III juga belum mendapatkan penjelasan terkait turunnya jatah raskin untuk enam kabupaten/kota di wilayah Solo Raya, dan jumlah tetap yang akan diterima Wonogiri.

Kepala Ketahanan Pangan Wonogiri Safuan pun mengaku tidak mendapatkan penjelasan konkret mengenai jatah raskin 2013 yang tidak dipangkas sebagaimana enam daerah lain di wilayah Solo Raya.

"Kami hanya mengetahui, di Jawa Tengah jatah raskin yang tidak berubah atau tetap adalah Wonogiri dan Pemalang. Mungkin saja karena Wonogiri menjadi daerah uji coba untuk kartu miskin. Tapi persisnya tidak tahu. Pagu raskin 2013 untuk Wonogiri berdasar SK Gubernur Jateng pada 8 Januari adalah untuk 70.569 RTS dengan penerimaan 15 kg tiap KK dengan harga pengganti Rp1.600/kg," tukas Safuan. (WJ/OL-04)

 

metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook