Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JUMLAH PENDUDUK MISKIN TINGGI, KULONPROGO NAIKKAN ANGGARAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-KKulonprogonaikkananggaranpk

SAPA - MESKI kemiskinan diKulonprogo mulai berkurang dari waktu ke waktu, toh data versi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kulonprogo masih menunjukkan angka yang terbilang cukup tinggi.

Sebab itu, untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, Pemkab Kulonprogo bakal menaikkan anggaran program tersebut senilai lebih kurang Rp 15 miliar.

Jika pada tahun ini alokasi anggaran penanggulangan kemiskinanmencapai Rp 10 miliar, pada 2017 mendatang akan menjadi Rp 25 miliar.

Anggaran sebesar itu rencananya untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengatakan rencana menaikkan alokasi anggaran tersebut sudah pasti.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Meski demikian, saat ini perihal rencana kenaikan anggaran percepatan penanggulangan kemiskinan itu masih dalam tahap pembahasan di DPRD Kulonprogo.

"(Kenaikan anggaran itu) untuk 2017 sudah fix," kata Hasto, Kamis (28/7/2016).
Kepala Bappeda Kulonprogo, Agus Langgeng Basuki, menyatakan hal serupa. Menurutnya, rencana kenaikan alokasi anggaran percepatan penanggulangan kemiskinan sudah direncanakan sejak Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Saat ini, menurutnya, pembahasan di dewan sampai pada Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon AnggaranSementara (PPAS).  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Dengan demikian, jika menyinggung soal kepastian, alokasi anggaran itu akan bisa dikatakan fixed setelah sampai pada tahap APBD.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Yang jelas, rencana kenaikan anggaran penanggulangankemiskinan itu dianggap memang perlu. Pasalnya, sesuai data tim penanggulangan kemiskinan Kulonprogo, angka kemiskinanpada 2015 mencapai 12 persen.

Sementara versi BPS Kulonprogo menyebut angka kemiskinanKulonprogo mencapai 20,64 persen. Adapun jumlah penduduk miskin di Kulonprogo pada 2015 adalah 52.331 jiwa.
Tahun sebelumnya, tercatat jumlah penduduk miskin sebanyak 68.040 jiwa dan pada 2013 sebanyak 91.765 jiwa.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Sementara dari sisi angka keluarga miskin pada 2015 mencapai 18.834 keluarga. Angka tersebut turun dari tahun sebelumnya sebanyak 23.845 keluarga. Sementara pada 2013 keluarga miskin tercatat sebanyak 31.454 keluarga.

Mengingat angka kemiskinan itu masih terbilang cukup tinggi, Langgeng mengatakan anggaran penanggulangannya serta untuk pemberdayaan masyarakat akan dinaikkan.

Program tersebut akan direalisasikan terutama melalui pemberdayaan ekonomi warga miskin.
Langgeng memastikan program itu akan diwujudkan secara lintas instansi yang terdiri atas Dinas Koperasi dan UMKM serta Disperindag-ESDM serta Dinsosnakertrans Kulonprogo.

Menyasar para pelaku usaha kecil, harapannya program penanggulangan kemiskinan itu tidak akan berhenti di jalan apalagi membuat masyarakat justru kesulitan dalam pemasaran produk.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

"Selain pemberdayaan masyarakat, upaya ini juga dilakukan dengan pemberian bantuan. Misalnya ada beasiswa pendidikan dan santunan anak yatim piatu. Tak terkecuali masyarakat miskin juga harus merintis usaha mandiri," kata Langgeng.

Agar upaya pengentasan kemiskinan itu menjadi efektif, menurutnya, penanggulangan kemiskinan di Kulonprogo harus menjadi tanggungjawab bersama.
Selain dari pemerintah, upaya itu juga harus didukung atau melibatkan partisipasi masyarakat mulai dari kecamatan hingga desa.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Sumber: Tribunnews dot com

               PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook