Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DIBUTUHKAN INOVASI UNTUK KURANGI KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-iiiiiiiinovasikmsknan

SAPA INDONESIA - MENINGKATNYA jumlah warga miskin di Jateng membuat kalangan DPRD Jawa Tengah prihatin.

Mereka meminta Pemprov lebih mengedepankan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Anggota Komisi E, Nur Chasanah menilai, peningkatan kemiskinan disebabkan Pemprov masih belum sepenuhnya memperhatikan masalah kemiskinan.

Pemprov maupun pemerintah kabupaten/kota tidak memiliki standarisasi kemiskinan. "Kemiskinan merupakan indikator kesuksesan daerah. Jika angkanya meningkat, berarti masih belum sukses dalam menangani persoalan daerah," tuturnya.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Dalam perkembangannya, kemiskinan sampai saat ini masih didominasi masyarakat pedesaan. Hal itu diharap jadi pertimbangan serius.

"Pemprov telah berkomitmen akan fokus mengatasi persoalan kemiskinan. Karena itu harus ada perhatian lebih, mengingat kemiskinan selalu menjadi persoalan setiap tahun," katanya.

Tidak Mudah  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Menurut dia, untuk mengatasi kemiskinan di Jawa Tengah tidak mudah. Butuh berbagai inovasi. "Seluruh instrumen SKPD di provinsi ini harus bersinergi untuk mengatasi kemiskinan.

Selama ini kesannya tiap SKPD memiliki program sendiri-sendiri yang tidak tersinergi.

Untuk mengatasi kemiskinan harus total dan sinergis, mulai dari provinsi, kabupaten/ kota, sampai desa," terangnya.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Anggota Komisi E yang lain, Taj Yasin menuturkan, salah satu upaya menekan angka kemiskinan misalnya memberikan kemudahan permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa meningkatkan hasil produksi.

"Sekarang untuk permodalan saja banyak pelaku UMKM yang mengeluh kesulitan. Otomatis itu akan menutup lapangan pekerjaan," ujarnya.Dia berharap Pemprov benar-benar memperhatikan dan memberdayakan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah.

Sebab, sampai saat ini dua instrumen tersebut cukup efektif untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan. "Upaya ini sudah terbukti bisa meningkatkan dan memperkuat perekonomian masyarakat."  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Sumber: Suara Merdeka dot com
                    PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

SAPA INDONESIA - TAHUN ini Dinas Sosial (Dinsos) DIY melakukan...
KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

SAPA INDONESIA - KOUTA penerima beras sejahtera (Rastra) di...
KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook