Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DETEKSI DINI KESEHATAN WARGA MISKIN DI SRAGEN

kemiskinan-pemiskinan-uptpksragen

SAPA - Program deteksi dini kondisi kesehatan warga miskin di Sragen mulai dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen. Tujuannya, untuk meningkatkan derajat kesehatan warga miskin.

Kepala UPTPK Sragen, Suyadi, menerangkan program tersebut dilaksanakan dengan menggandeng lembaga pendidikan bidang kesehatan di Sragen.

Bulan ini, UPTPK bekerja sama dengan Akademi Keperawatan Yayasan Pondok Pendidikan Islam (YAPPI) Sragen, menerjunkan mahasiswa ke Desa Poleng, Kecamatan Gesi, Sragen. Para mahasiswa tersebut diberi tugas untuk melakukan deteksi dini kondisi warga miskin di daerah tersebut. Program ini lebih ditekankan untuk warga miskin yang memiliki kartu Sarase Warga Sukowati (Saraswati) Melati dan Menur.

"Harapannya diperoleh data tentang bagaimana kondisi kesehatan warga miskin," jelasnya saat ditemui Solopos.com di Setda Sragen, akhir pekan kemarin.

Setelah diperoleh data, terangnya, rencananya ditindaklanjuti dengan program selanjutnya, sesuai data yang diperoleh di lapangan. Ia mencontohkan, jika diperoleh data masyarakat belum memahami bagaimana pola hidup bersih, akan diadakan penyuluhan pola hidup bersih. Jika diketahui seorang warga menderita penyakit tertentu, akan diadakan penyuluhan tentang bagaimana menghadapi penyakit tersebut.

Dengan cara itu, diharapkan kondisi kesehatan warga miskin, berangsur naik. Jika program percontohan di Desa Poleng berhasil, kata Suyadi, program serupa akan diterapkan di desa lainnya.

"Karena tidak punya uang, banyak warga miskin yang pergi berobat setelah kondisi kesehatannya sangat buruk. Hal ini yang ingin kita ubah. Saat ini juga banyak warga miskin yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Mereka tidur satu ruangan dengan hewan peliharaannya," jelasnya.

 

solopos dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook