Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TARGET PRESTASI KABUPATEN BLITAR MENINGKAT TAHUN 2013

kemiskinan-pemiskinan-bupatiblitar

SAPA - Selama dua tahun kepemimpinan Bupati Blitar Herry Noegroho dan Wakil Bupati Blitar Rijanto, Kabupaten Blitar sedikitnya telah mengantongi 25 penghargaan baik dari Pusat maupun Provinsi. Penghargaan yang diterima Kab. Blitar pun beragam diantaranya di Bidang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, serta Wanita dan Anak.

Bupati Blitar Herry Nugroho mengatakan, di Tahun 2013 ini pemerintah akan berupaya meningkatkan prestasi di semua bidang atau paling tidak mempertahankan penghargaan yang sudah diraih tahun sebelumnya, seperti Piala Adipura di Bidang Kebersihan Lingkungan serta perhargaan untuk pelaksanaan Program PNPM.

Lanjut Bupati, untuk mewujudkan target Tahun 2013 Pemkab. Blitar menganggarkan dana sebesar Rp 24.000.000.000,- untuk PNPM Mandiri pendesaan. Jika dibandingkan dengan Tahun 2012 lalu, anggaran PNPM Mandiri Pedesaan Kab. Blitar Tahun 2013 mengalami penurunan dari Rp 27.000.000.000,- menjadi Rp 24,900.000.000,-. Namun seperti diungkapkan Kepala Bapemas Kab. Blitar Agus Budi Handoko, penurunan anggaran tersebut bersifat nasional dan dipastikan tidak berpengaruh pada pelaksanaan program di Tahun 2013 ini. Terlebih selain anggaran dari pemerintah pusat termasuk dana pendampingan APBD sebesar Rp 4.900.000.000,, PNPM Mandiri Pendesaan juga memanfaatkan swadaya masyarakat baik berupa uang tunai, material, dan tenaga. Berdasarkan data Bapemas sepanjang 3 tahun terakhir sejak 2010, 2011, 2012 pencapaian swadaya masyarakat melampaui target yang ditetapkan Pemkab. Blitar dari Rp 1.500.000.000,- terkumpul sebesar Rp 4.150.000.000,-.

Menurut Agus kenaikan target swadaya masyarakat yang mencapai 300 persen itu merupakan realisasi dari keberhasilan program pemberdayaan pemerintah melalui PNPM Mandiri Pedesaan, mengingat program tersebut mengutamakan pertisipasi masyarakat dalam pembangunan di tingkat desa.

Melalui dana PNPM masyarakat desa telah berhasil mengembangkan usaha simpan pinjam perempuan, usaha ekonomi pedesaan disamping pembangunan sarana prasarana fisik. PNPM sendiri digulirkan untuk 19 kecamatan untuk PNPM Mandiri Pedesaan dan 22 kecamatan untuk PNPM Integrasi tersebut pihaknya berharap semua SKPD bisa mengefektifkan elemen-elemen yang termasuk dalam penilaian penghargaan juga melibatkan beberapa organisasi seperti PKK dan Dharma Wanita.

 

suaramedianasional.blogspot.com

Terpopuler

Terbaru

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menuturkan...
KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes...
LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

SAPA INDONESIA - WARGA Jepara semakin dimudahkan dalam melaporkan...
BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

SAPA INDONESIA - PUNCAK acara Gebyar PKL Kabupaten Kudus ke-5...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook