Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WARGA MISKIN GUNUNGKIDUL DIGELONTOR RP.16,6 MILIAR

kemiskinan-pemiskinan-miskingunungkidul

SAPA - Anggaran untuk menurunkan kemiskinan di Gunungkidul terus digelontorkan. Setelah program rehab rumah sebesar Rp6 juta dari Kementerian Perumahan Rakyat, anggaran untuk menurunkan kemiskinan di Gunungkidul terus digelontorkan.   Kali anggaran untuk penanggulangan kemiskinan kembali dikucurkan senilai Rp16,615 miliar.

Menurut rencana, dana ini digunakan untuk menurunkan sebesar 2% kemiskinan di Gunungkidul. Dengan demikian, anggaran akan diberikan kepada 16.615 KK miskin di Gunungkidul. Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Sri Suhartanto menjelaskan, anggaran tersebut merupakan anggaran dari Pemprov DIY. Masing-masing KK miskin diharapkan akan menerima Rp1 juta untuk pemberdayaan ekonomi warga.

"Anggaran akan diberikan kepada semua warga di Gunungkidul yang masuk dalam 1.431 dusun," ucapnya kepada wartawan kemarin. Untuk memberikan anggaran ini,warga penerima manfaat akan membuat kelompok.Masing- masing kelompok akan terdiri atas 5–15 orang anggota. "Nanti program akan mereka usulkan.Jadi anggaran akan tergantung program masing-masing kelompok,"tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan, Sosial, dan Budaya Bappeda Gunungkidul Priyanta Madya Satmoko mengatakan, saat ini proses sosialisasi anggaran tersebut terus dilakukan. Untuk melakukan pengawasan, pihaknya juga menyiapkan taskforce penanggulangan bencana. "Jadi ada kolaborasi lintas stakeholderuntuk merumuskan pola penanggulangan kemiskinan tersebut," ucapnya. Tim yang juga merupakan kelompok kerja ini melibatkan lintas SKPD serta pemerhati masalah kemiskinan serta aktivis LSM serta media.

"Diharapkan dengan adanya tim lintas stakeholder yang tergabung dalam taskforce ini maka program penanggulangan kemiskinan bisa terarah," paparnya. Dari 18 kecamatan di Gunungkidul, Kecamatan Saptosari tercatat sebagai kecamatan dengan jumlah penduduk miskin terbesar.Yang terendah adalah kecamatan Tepus.

 

seputar-indonesia dot com

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook