Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

UPAYA SINERGIKAN PERTANIAN DAN UMKM DENGAN PARIWISATA DI MUSRENBANG KECAMATAN KUTA

kemiskinan-pemiskinan-musrenbang

SAPA - Dengan dilatarbelakangi oleh komitmen Pemkab Badung untuk lebih menguatkan sinergi antara sektor andalan dengan sektor unggulan sehingga mampu menggerakkan berbagai potensi daerah, tema dan prioritas pembangunan Kab. Badung Tahun 2014 nafasnya hampir sejalan dengan tema pembangunan Tahun 2013. Sektor pariwisata telah menjadi sektor andalan, sementara sektor pertanian dan industri kecil serta UMKM adalah sektor unggulan yang sampai saat ini harus diakui masih belum maksimal dikembangkan.

Diharapkan nantinya sektor pertanian dan UMKM benar-benar bersinergi dengan sektor pariwisata. Demikian sambutan Kepala Bappeda Litbang Badung I Wayan Suambara yang diwakili Sekretaris Bappeda Litbang I Gusti Ngr. Dwipayana saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten tahun 2014 dengan tema "Peningkatan Sinergitas Pengelolaan Potensi Daerah Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Serta Daya Saing Daerah" di Kecamatan Kuta bertempat di Kantor Camat Kuta, Kamis (14/2) kemarin.

Gusti Ngr. Dwipayana menyampaikan, untuk mewujudkan tema pembangunan di tahun 2014, terdapat 9 prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan diantaranya pengembangan ekonomi kreatif usaha mikro, kecil dan menengah, peningkatan produktivitas dan kualitas pertanian dalam arti luas, peningkatan kualitas pelayanan publik serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pengelolaan lingkungan hidup dan penanganan kebencanaan, peningkatan tata kelola birokrasi dan penegakan hukum, peningkatan kualiats layanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan dan perluasan akses prasarana sarana dasar pemukiman serta peningkatan daya saing kepariwisataan dan pelestarian budaya.

Ditambahkan, pelaksanaan pembangunan khususnya di Kecamatan Kuta yang telah dianggarkan dalam APBD tahun 2013 ini dengan total anggaran sebesar Rp. 181,5 M lebih. Terdiri dari, program prioritas pengembangan ekonomi kreatif usaha mikro kecil dan menengah sebesar Rp. 132 juta lebih. Peningkatan produktivitas dan kualitas pertanian dalam arti luas Rp. 4 M lebih, peningkatan dan perluasan akses prasarana sarana dasar pemukiman Rp. 98,1 M lebih, pengelolaan lingkungan hidup sebesar Rp. 1,5 M lebih, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran Rp. 69,7 juta lebih, peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan Rp. 65,8 M lebih, peningkatan tata kelola birokrasi dan penegakan hukum Rp. 555 juta lebih, peningkatan kualitas pelayanan publik sebesar Rp. 8,2 M lebih, penanganan kebencanaan sebesar Rp. 545 juta lebih serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi sebesar Rp. 196 juta lebih.

Camat Kuta I Wayan Wijana mengatakan, hingga saat ini telah banyak program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Badung di wilayah Kecamatan Kuta. Katanya untuk tahun ini Pemkab Badung akan merenovasi total Kantor Camat Kuta yang rencananya berlantai tiga serta merenovasi Kantor Lurah Tuban. Selain itu sarana prasarana pemukiman juga ditingkatkan seperti jalan lingkungan, pembuatan trotoar termasuk drainase.

Di sisi lain Wijana mengakui ditengah pesatnya pembangunan di wilayah Kuta, masih banyak kendala atau permasalahan yang perlu ditangani. Seperti kemacetan lalu lintas, masalah parkir, RTM, akomodasi pariwisata , banjir dan sampah kiriman. Ditambahkan, usulan program di tahun 2014 dibagi menjadi 4 (empat) sektor. Sektor ekonomi 30 usulan dengan biaya Rp. 1,9 M lebih, sosial budaya 192 usulan dengan biaya Rp. 23,5 M lebih, umum 92 usulan dengan biaya Rp. 6,7 M dan sarana prasarana 80 usulan dengan biaya 115,6 M lebih.

 

metrobali dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook