Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TIM PENANGGULANGAN KEMISKINAN KOTA BATU KUMPULKAN DATA WARGA MISKIN

Data

SAPA - Tim penanggulangan Kemiskinan Kota Batu, mulai terjun ke lapangan setelah rapat koordinasi di Hotel Kartika Wijaya, Rabu (27/2) lalu. Tahap pertama yang dilakukan, melakukan pendataan berapa sebenarnya jumlah warga miskin kota ini sebelum melanjutkan langkah pengentasan.

''Kami mulai jalan, sehingga belum bisa menentukan data beradasarkan tim ini,'' ungkap Enny Rachyuningsih, Kepala Bappeda Kota Batu.

Enny Rachyuningsih mengatakan bahwa ada 15 kriteria yang diusung tim untuk menentukan seseorang atau sebuah keluarga masuk dalam kategori miskin atau tidak. Kriteria itu antara lain, luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari delapan meter persegi setiap orang. Kriteria lain adalah lantai terluas dari tanah bambu, atau kayu murahan.

Jenis dinding berasal dari bambu, rumbia atau kayu kualitas rendah ikut menjadi kriteria warga miskin. Tidak punya WC sendiri, penerangan bukan listrik, air berasal dari sumber tak terlindung atau sungai, bahan bakar masak berasal dari kayu/arang/minyak tanah, makan daging/ayam dan minum susu sekali seminggu, beli pakain baru sekali setahun, jika sakit tidak bisa bayar obat ke puskesmas atau klinik, pekerjaan petani rendahan dengan penghasilan rendah, pendidikan kepala keluarga SD atau tidak sekolah, tidak memiliki aset seperti motor, ternak, perhiasan emas, TV dan tabungan, serta tidak mampu membiayai anak hingga SMP.

''Kalau satu keluarga masuk dalam lima kriteria, berarti dia termasuk warga miskin,'' tegasnya.

Selain itu, kata dia, pendataan tersebut juga untuk mendapatkan nama sekaligus alamat lengkap. Jika data sudah ada, maka Pemkot akan mudah menjalankan program-program penanggulangan kemiskinan tanpa takut salah sasaran.

Pendataan juga untuk menghindari pemalsuan keterangan, yang bisa digunakan untuk kepentingan tertentu. Jika seserang memalsukan keterangan, hal itu termasuk salah satu tindak pidana.

Sementara data dari BPS Kota Batu, jumlah masyarakat miskin mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Tahun 2013 ini, jumlah warga miskin 5439 orang dan tahun-tahun sebelumnya, angka tersebut masih di atas 6 ribu jiwa. Sedangkan angka masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah masih cukup tinggi, yakni 13 ribu dari jumlah penduduk sekitar 200 ribu.

 

malang-post dot com

Terpopuler

Terbaru

PENGELUARAN MASYARAKAT KELAS BAWAH RI MASIH BELUM MEMBAIK

PENGELUARAN MASYARAKAT KELAS BAWAH RI MASIH BELUM MEMBAIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH dinilai gagal dalam mengatasi ketimpangan...
ENTASKAN KEMISKINAN, RIDWAN KAMIL KEMBANGKAN

ENTASKAN KEMISKINAN, RIDWAN KAMIL KEMBANGKAN "FAMILY FOR FAMILY"

SAPA INDONESIA - WALI KOTA Bandung Ridwan Kamil mengembangkan...
DESA WISATA YOGYAKARTA : GUNUNGKIDUL FOKUS PENGEMBANGAN 4 DESA WISATA BARU 2017

DESA WISATA YOGYAKARTA : GUNUNGKIDUL FOKUS PENGEMBANGAN 4 DESA WISATA BARU 2017

SAPA INDONESIA - PADA 2017 Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten...
ALOKASI DANA DESA DI KUDUS CAPAI RP 219,89 MILIAR

ALOKASI DANA DESA DI KUDUS CAPAI RP 219,89 MILIAR

SAPA INDONESIA - ALOKASI dana pemerintah desa di Kabupaten...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook