Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DINSOS SULBAR SIAPKAN ANGGARAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Budget

SAPA - Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat telah mengalokasikan anggaran untuk program penanggulanan kemiskinan baik pada wilayah perdesaan maupun perkotaan.

"Tahun ini pemerintah pusat telah memberikan dana dekosentrasi dan anggaran tugas pembantuan senilai Rp13,8 miliar lebih," kata Kepala Seksi Pemberdayaan Keluarga Fakir Miskin dan KAT Dinas Sosial Sulbar, Muhammad As'at di Mamuju, Jumat.

Menurut dia, dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan tersebut diperuntukkan bagi beberapa item kegiatan di antaranya penyediaan usaha ekonomi kretaif, penanggulanan kemiskinan wilayah perdesaan dan perkotaan dan termasuk kegiatan pemberdayaan keluarga serta kegiatan pemberdayaan komunitas adat terpencil.

Selain itu kata dia, dukungan anggaran dari pemerintah pusat ini akan digunakan untuk kegiatan pemberdaan sosial dan fakir miskin.

"Kita berharap dana dekonsentrasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengentaskan kemiskinan yang saat ini masih tersisa sekitar angka 13,01 persen lebih dari 1,2 juta penduduk di Sulbar," katanya.

Program pemberdayaan sosial dan penanggulangan kemiskinan ini katanya diharapkan dapat memberi kontribusi dalam mengurangi angka kemiskinan yang tersebar pada lima kabupaten di Sulbar.

Asat menyampaikan, program penanggulangan kemiskinan bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinsos. Namun, semua SKPD memiliki tanggungjawab yang sama.

Ia menyampaikan, program penanggulangan kemiskinan di Sulbar dalam beberapa tahun terakhir gencar dilakukan. Hasilnya cukup berhasil karena angka kemiskinan di daerah ini dari tahun ke tahun mampu ditekan.

"Pemeprov Sulbar tahun ini telah menargetkan angka penduduk miskin dari 1,2 juta jiwa penduduk bisa ditekan menjadi 9,5 persendari kondisi 2012 yang mencapai 13,01 persen,"ungkapnya.

Pada 2011 kata dia, angka kemiskinan Sulbar tahun 2012 juga turun karena angka kemiskinan tahun 2011 tersisa mencapai 13,89 persen.

 

ciputranews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook