Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENETAPAN KELUARGA MISKIN BERDASARKAN PADA PENDAPATAN BERSIH

Budget

SAPA - Bupati Kabupaten Kampar Jefry Noer, di berbagai kesempatan menyebutkan bahwa di Kabupaten Kampar penetapan keluarga miskin didasari atas jumlah pendapatan bersih masing-masing kepala keluarga. Jika suatu keluarga terdiri kepala keluarga, satu istri dan dua anak dengan penghasilan Rp1,3 juta, maka termasuk keluarga miskin. Selain itu,jika terdiri kepala keluarga, satu istri dan memiliki anak lebih dari dua orang dengan penghasilan rata-rata Rp1,5 juta per bulan secara otomatis keluarga tersebut termasuk kategori keluarga miskin.

Atas dasar pendapatan bersih maka persentase keluarga miskin di Kabupaten Kampar pada akhir 2011 hingga awal 2012 setelah dipetakan yang dilaporkan kepala desa dan camat maka persentase keluarga miskin tercatat 21,48 persen.

Diakui, tingginya persentase penduduk miskin membuat ada berbagai pihak merasa malu. "Kenapa harus malu atas fakta itu. Justru yang penting bagaimana cara dan upaya menanggulangi kemiskinan," kata H Jefry Noer, Selasa (19/3).

Metode perhitungan penduduk miskin yang dilakukan Badan Pusat Statistik selama ini lebih kepada pendekatan kebutuhan dasar sehingga kemiskinan dikonseptualisasikan sebagai ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar. Kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi memenuhi kebutuhan makanan maupun non makanan yang bersifat mendasar.

Definisi kemiskinan berbeda dari masing-masing lembaga dan itu tergantung dari sisi penglihatannya. Sehingga itu sah-sah saja Pemkab Kampar menetapkan kriteria miskin dan rasanya itu lebih akurat.

Khusus upaya penanggulangan kemiskinan yang telah ditetapkan Lima Pilar Pembangunan, sejak berjalannya program Lima Pilar satu tahun terakhir ternyata angka kemiskinan berhasil diturunkan 3 persen lebih. Pada akhir 2012 angka kemiskinan hanya tercatat 19 persen dan pada 2013 akan dipacu penurunan minimal 10 persen.

 

haluanriaupress dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook