Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BUPATI ROKAN HULU OPTIMIS ANGKA KEMISKINAN TURUN TAHUN INI

kemiskinan-pemiskinan-angkakemiskinan

SAPA - Bupati Rokan Hulu, Achmad, menyampaikan rasa optimismenya dimana angka kemiskinan di Rohul menurun drastis menjadi 2,9 persen tahun ini dibandingkan tahun 2009 lalu. Penurunan grafik angka kemiskinan tersebut, ujar Bupati, Jumat (22/3), menunjukan adanya efektivitas penggunaan anggaran dalam pembangunan, dinilai telah berhasi dalam menggerakan sektor perekonomian dengan berhasilnya mengumpulan zakat mal BAZNAS Rohul.

Menurut Bupati lagi, geliat pembangunan Rokan Hulu, terus menunjukan pencapaian menggembirakan. realitanya ditunjukkan dengan perbaikan kesejahteraan masyarakat terus membaik setiap tahunnya.

Keberhasilan tersebut tentunya tak datang dengan sendirinya, tetapi berkat upaya keras pemerintah dalam menjalankan berbagai program pemberdayaan serta memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

"Pemenuhan dasar kebutuhaan masyarakat seperti pendidikan kesehatan dan infrsturktur ternyata sangat berpengaruh dalam penurunan angka penganggguran dan kemiskinan di Negeri Seribu Suluk bila dibandingkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Rohul pada tahun 2009 dan 2012 lalu," sebutnya.

Turun Diterangkan Bupati, angka pengangguran di Rohul turun 3 persen dari 10,4 persen menjadi 7,4 persen. Berkurangnya angka pengangguran tersebut juga berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan di Rohul. Bila tahun 2009 lalu angka pengangguran mencapai 15,2 persen maka tahun ini angka tersebut hanya menyisakan 12,3 persen saja.

Efektivitas penggunaan dana APBD dilakukan secara efektif/ efesien dan tepat sasaran serta didukung dengan pelaksanaan program konstruktif dan komprehensif menjadi kunci utama dalam pencapaian tersebut.

Selain mampu menurunkan angka pengangguran dan juga kemiskinan, Bupati Rohul juga menyatakan mampu meningkatkan Indeks Pembngunan Manusia (IPM) melalui program wajib belajar 12 tahun dari 70,2 persen di tahun 2009 menjadi 73,10 persen di tahun 2013 ini. Di samping itu berkat adanya program wajib belajar 12 tahun tersebut ternyata juga mampu menurunkan masyarakat buta huruf, tinggal 2,63 persen saja, katanya.

 

haluanriaupress dot com

Terpopuler

Terbaru

FOKUS PENGGUNAAN DANA DESA BERGESER MULAI TAHUN DEPAN

FOKUS PENGGUNAAN DANA DESA BERGESER MULAI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - PENGGUNAAN dana desa untuk kebutuhan membangun...
MENTERI DESA WAJIBKAN KADES PASANG BALIHO DANA DESA

MENTERI DESA WAJIBKAN KADES PASANG BALIHO DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PEMPROV NTB MENYIAPKAN PERGUB PERCEPATAN PENURUNAN KEMISKINAN

PEMPROV NTB MENYIAPKAN PERGUB PERCEPATAN PENURUNAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Barat mempersiapkan...
MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook