Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN FOKUS KE PNPM MANDIRI

kemiskinan-sapa-pnpmmandiriinovator

SAPA - Untuk menanggulangi kemiskinan di Provinsi Kalimantan Barat khususnya di Kota Singkawang, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) lebih fokus pada Program Bantuan Sosial Berbasis Masyarakat, yaitu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

"Sesuai yang diinginkan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Tetapi dengan tidak mengesampingkan program-program penanggulangan kemiskinan lainnya," kata H Abdul Mutalib SE ME, Wakil Walikota Singkawang ketika membuka Rapat Koordinasi Multipihak untuk Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Kalbar, Kamis (21/3) lalu.

Haji Dol–sapaan Abdul Mutalib–menjelaskan, di tanah air dikenal tiga kluster atau kelompok program penanggulangan kemiskinan, yakni Program Sosial Berbasis Rumah Tangga/Keluarga seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Miskin (Raskin), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Beasiswa.

Kedua, Program Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan ketiga, Program Bantuan Sosial Berbasis Masyarakat, yaitu PNPM. "Dari ketiga program itu, kita fokus ke PNPM," kata Haji Dol.

Dia mengungkapkan, pada 23 Februari lalu, Menko Kesra HR Agung Laksono telah me-launching Program Nasional Terpadu Gerakan Pembangunan Kampung (Pandu Gerbang Kampung) di Kota Singkawang.

Program tersebut, jelas Haji Dol, suatu model pembangunan yang terkoordinasi, bersinergi serta terintegrasi dari berbagai program dan kegiatan secara terpadu yang dilaksanakan kementerian/lembaga dan dunia usaha (CSR) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Program ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan di Indonesia. Alhamdulillah, pada kesempatan itu Kota Singkawang mendapat bantuan program PNPM Mandiri Rp 3,375 miliar di samping bantuan-batuan yang lain," ungkap Haji Dol.

Pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang, tambah Haji Dol, tentu berbagai karena Kota Wisata ini ditetapkan Pemerintah Pusat (Pempus) sebagai salah satu dari 29 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang menerima program Pandu Gerbang Kampung. "Hal ini tentunya meringankan Pemkot Singkawang, mengingatkan kemampuan pembiayaan pembangunan yang relatif terbatas, sementara keinginan untuk membangun sangalah tinggi," kata Haji Dol.

 

equator-news dot com

Terpopuler

Terbaru

INI LOKASI 12,7 JUTA HEKTAR LAHAN YANG SIAP DIMANFAATKAN WARGA MISKIN

INI LOKASI 12,7 JUTA HEKTAR LAHAN YANG SIAP DIMANFAATKAN WARGA MISKIN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan...
BANTUAN RASKIN DIDUGA TAK SESUAI

BANTUAN RASKIN DIDUGA TAK SESUAI

SAPA INDONESIA - KALANGAN anggota DPRD Kabupaten Magelang,...
DUA BULAN SEKALI SAMBANGI WARGA MISKIN

DUA BULAN SEKALI SAMBANGI WARGA MISKIN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH perempuan renta rela antre demi mendapatkan...
BUPATI KUDUS LAUNCHING K-119 UNTUK KECEPATAN DAN KETEPATAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN

BUPATI KUDUS LAUNCHING K-119 UNTUK KECEPATAN DAN KETEPATAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN

SAPA INDONESIA - GEBRAKAN untuk melayani kesehatan gratis telah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook