Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SLEMAN MEMANFAATKAN E-KTP UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-ektp

SAPA - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tengah bekerjasama dengan Malaysia untuk memanfaatkan chip pada kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP untuk pendataan dalam program penanggulangan kemiskinan.

"Kabupaten Sleman saat ini telah menjadi daerah percontohan untuk program My Kasih, kerja sama antara Pemkab Sleman dan Malaysia untuk memanfaatkan chip pada e-KTP untuk mendata dan menanggulangi kemiskinan masyarakat," kata Staf Ahli Bupati Sleman Bidang Pemerintahan Harjito di Sleman, Senin.

Ia mengatakan terkait dengan pelaksanaan program e-KTP di Kabupaten Sleman, dari 1.240.830 warga setempat yang tercatat dalam data basis SIAK, 1.011.692 jiwa tercatat sebagai wajib KTP.

"Sejak melaksanakan program dari pusat hingga Maret 2013, telah tercapai 83 persen e-KTP dari jumlah 822.997 warga yang tercantum dalam kontrak e-KTP. Dengan demikian hanya tersisa 113.010 warga yang belum e-KTP dari total 658.303 warga yang telah melakukan perekaman e-KTP. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya melakukan perekaman e-KTP di tingkat kecamatan hingga selesai," katanya.

Terkait dengan upaya penanggulangan kemiskinan, Pemkab Sleman melaksanakan upaya itu secara terpadu dan sinergis.

Ia menjelaskan kebijakan penanggulangan kemiskinan lebih diarahkan pada pola pemberdayaan masyarakat.

"PNPM merupakan salah satu program pendukung penanggulangan kemiskinan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat. PNPM-KTOP di Kabupaten Sleman terdiri dari lima macam, yaitu PNPM-Mandiri Perkotaan, PNPM-Mandiri Perdesaan, Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP), PNPM-Perikanan, dan PNPM-Pariwisata," katanya.

Harjito mengatakan untuk mendukung upaya itu, pemberdayaan masyarakat juga dilaksanakan melalui pendampingan PNPM Perkotaan dan PNPM Perdesaan.

PNPM Perkotaan dengan dana pendampingan dari APBD sebesar Rp550 juta yang ditujukan untuk 75 desa di 15 kecamatan, berupa bantuan langsung masyarakat kepada 75 BKM.

"PNPM Perdesaan digunakan untuk simpan pinjam perempuan (SPP) sebesar 25 persen dan sisanya untuk kegiatan pengembangan sarana prasarana fisik, kesehatan, dan pendidikan," katanya.

Upaya percepatan penanggulangan kemiskminan juga dilakukan melalui Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan yang tersebar mulai dari kabupaten hingga ke desa.

 

jogja dot antaranews dot con

Terpopuler

Terbaru

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEJAK dana desa digulirkan tahun 2015 lalu...
MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

SAPA INDONESIA - MANAGER Senior Public Relations PT Perusahaan...
TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus berupaya mengurangi angka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook