Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH ACEH BERENCANA TURUNKAN ANGKA KEMISKINAN 2 PERSEN PER TAHUN

kemiskinan-pemiskinan-miskinaceh1

SAPA - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Aceh, Prof Abu Bakar Karim mengatakan bahwa Pemerintah Aceh saat ini menargetkan penurunan angka kemiskinan sekitar 2 persen per tahun.

"Kita optimis terget penurunan kemiskinan 2 % pertahun akan dapat tercapai," katanya kepada Bisnis Aceh hari ini, Sabtu.

Ia menyebutkan, selama lima tahun periode kepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah dan Wakil Gubernur Muzakir Manaf, diharapkan angka kemiskinan dapat ditekan hingga 10 persen, sehingga pada tahun 2017, akhir periode kepemimpinan keduanya, kemiskinan di Aceh tinggal 9,8 persen. "Target ini sudah dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh 2012-2017," sebutnya.

Ia menjelaskan, kondisi hari ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, tingkat kemiskinan di Aceh capai 19,4 persen, sehingga dengan target penurunan sebesar 2 persen pertahun, maka selama 5 tahun kedepan angka kemiskinan di Aceh tinggal 9,8 persen. "Target ini adalah angka realistis, dan untuk mencapai target ini pemerintah Aceh mengalokasikan dana hingga triliun tiap tahunnya," tukasnya.

Dilanjutkannya, pada tahun 2013 saja, adalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) dana untuk penurunan angka kemiskinan dialokasikan hingga Rp1,4 triliun. "Dan rata-rata setiap tahunnya jumlah anggaran untuk menekan angka kemiskinan terus ditingkatkan," tuturnya.

Menurutnya, kondisi yang ada, umumnya masyarakat Aceh adalah warga yang hampir miskin, artinya kondisinya berada pada batas antara berada digaris kemiskinan dan dibawah garis kemiskinan, sehingga dengan strategi intervensi yang fokus pada program dan kegiatan yang tepat sasaran, maka penurunan 2 persen adalah hal yang realistis. "Dari angka 19,4 persen tersebut, sebagian besar diantaranya merupakan masyarakat yang sebenarnya hampir miskin," tukasnya.

 

m dot bisnisaceh dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook