Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BUPATI MALANG : 2014 TIDAK ADA DESA TERTINGGAL

kemiskinan-pemiskinan-kabmalang

SAPA - Bupati Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rendra Kresna menegaskan tahun 2014 di daerahnya sudah terbebas atau sudah tidak ada lagi desa tertinggal.

"Tahun depan Kabupaten Malang harus sudah terbebas dari desa tertinggal. Jumlah desa tertinggal di daerah ini mencapai 278 desa yang tersebar di 33 kecamatan, namun yang statusnya masih menjadi desa tertinggal mencapai 48 desa," tegas Rendra Kresna di Malang, Minggu.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Malang untuk mengentaskan desa tertinggal menjadi desa maju, diantaranya adalah mengintensifkan program Bina Desa yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir ini.

Dalam menjalankan program Bina Desa tersebut, Rendra Kresna bersama seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemkab Malang menginap di desa tertinggal yang dikunjunginya guna menyerap aspirasi warga setempat.

Selain itu juga memberikan berbagai bentuk bantuan sesuai kebutuhan masyarakat desa tersebut. Mulai dari bantuan pelatihan berbagai keterampilan bagi kaum perempuan, bantuan ternak sapi perah, kelinci dan lele, pembangunan infrastruktur hingga bantuan dana bergulir.

Dan yang dikucurkan untuk berbagai bantuan tersebut rata-rata mencapai Rp1,5 miliar hingga Rp1,7 miliar per desa tertinggal. Dengan adanya kucuran dana untuk berbagai bantuan itu, bisa mempercepat mengentaskan desa bersangkutan sebagai desa tertinggal.

Sebenarnya, lanjut Rendra, dirinya bersama SKPD tidak hanya mengunjungi desa-desa tertinggal saja, tapi juga desa yang sudah sangat maju. "Kalau kunjungan ke desa yang sudah maju ini sebagai bentuk dukungan agar desa bersangkutan tetap mampu menjaga program-progam unggulannya," tegas Rendra.

Sementara Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Malang Nurman Ramdamsyah, mengatakan, setelah ditangani oleh lintas SKPD dan dilakukan evaluasi, jumlah desa tertinggal di daerah ini menyusut cukup tajam.

"Ada 15 indikator yang menjadi bahan evaluasi desa tertinggal ini. Dan, indikatornya juga jelas serta terukur, sehingga tidak ada unsur subyektif sama sekali," ujarnya.

Ke-15 indikator yang menjadi acuan evaluasi desa tertinggal tersebut di antaranya adalah jalan desa, sarana kesehatan, sarana pendidikan, tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk serta kondisi sanitasi dan sumber air.

48 desa yang masih berkategori desa tertinggal itu, kata Nurman, tiga di antaranya sangat tertinggal, yakni Desa Taji di Kecamatan Jabung, Desa Srigonco di Kecamatan Bantur dan Desa Tegalrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

"Desa-desa yang masih belum terentaskan ini akan digelontor dengan berbagai program pengentasan kemiskinan yang ditangani oleh lintas SKPD," ucapnya.

 

antarajatim dot com

Terpopuler

Terbaru

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SAPA INDONESIA - DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah...
JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan...
161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 161 desa di Wonogiri belum memenuhi...
DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Menteri Keuangan Mardiasmo melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook